Dapat Pinjaman Bus PCR, Hasil Test Covid-19 di Lebak Bisa Keluar Dalam Sehari

  • Whatsapp
Bus PCR

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten Lebak mendapat pinjaman mobil bus laboratorium PCR Covid-19 milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mobil untuk memeriksa spesimen lendir ini dipinjamkan seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 di kabupaten Lebak.

“Ibu Bupati bersurat ke BNPB menyampaikan terkait lamanya hasil pemeriksaan swab test. Dan itu ditanggapi oleh BNPB memberikan bantuan sementara mobil PCR itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, Triyatno Supiono kepada awak media, Rabu (14/10/2020).

Bacaan Lainnya

Triaytno menjelaskan mobil laboratorium PCR BNPB tersebut untuk memeriksa spesimen lendir baik yang berasal dari hasil tracking dan skrining tim Satgas Covid-19.

“Enggak, enggak untuk mobile, jadi stay aja di sini. Paling sekitar cuma satu minggu, karena ini sambil menunggu peralatan permanen punya kita sudah benar-benar siap,”jelasnya.

Pria yang akrab disapa Pion ini berharap, dengan tersedianya mobil PCR, upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Lebak bisa lebih cepat dan maksimal.

“Iya, jadi hari itu spesimen masuk, hari itu juga bisa diketahui hasilnya positif atau negatif Covid,” katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Lebak Dr. Firman Rahmatullah mengatakan, dalam sekali runing bus tersebut bisa langsung memeriksa 96 sampel swab test. Dimana, hasil pemeriksaan tersebut akan keluar dalam waktu satu hari saja. Dengan begitu dirinya berharap masyarakat Kabupaten Lebak bisa bekerjasama dengan tenaga kesehatan dalam hal screening ataupun, dengan mengikuti swab test yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.

“Kita harap masyarakat tidak takut akan swab test, karena dengan bus ini hasil swab dapat keluar hasilnya dengan cepat. Sehingga kita juga bisa memetakan penyebaran covid-19 di Lebak dan melakukan penanganannya,” pungkasnya. (Yusuf/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.