Dampak Pandemi Covid-19, Pandeglang Terancam Defisit Anggaran

  • Whatsapp
dampak covid-19
Ilustrasi - PAD Kabupaten Pandeglang merosot akibat Covid-19.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dampak dari pandemi covid-19, kondisi keuangan Daerah Pandeglang terancam defisit. Sebab hingga saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) menurun drastis hingga mencapai 40-60 persen.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Pandeglang, Iis Iskandar mengakui, selama pandemi covid-19, PAD Pandeglang menurun cukup drastis. Untuk penanggulangan covid-19, kata dia, Pemkab Pandeglang harus menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

Bacaan Lainnya

“Sejauh ini kami masih bisa mengatasi. Namun kondisi keuangan (Pandeglang) saat ini cukup memprihatinkan. Karena PAD menutun drastis, sementara Pemkab butuh anggaran untuk penanggulangan covid-19,” ungkapnya, Kamis (11/6/2020).

Terpisah, Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kabupaten Pandeglang, Yahya Gunawan Kasbin mengaku, untuk PAD darinsektor pajak pada triwulan kedua capaiannya masih rendah. Terlebih Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang hingga saat ini baru mencapai sekitar 19 persen, dari target sebesar Rp22 miliar.

“Tapi kalau ada juga dari beberapa jenis pajak yang capaiannya sudah mulai ada peningkatan, yaitu dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ),” katanya.

Adapun jumlah capaian pajak secara keseluruhan dari 11 jenis pajak, menurut Yahya, saat ini sudah mencapai 51 persen dari target yang sudah disesuaikan pada masa pandemi covid-19, yakni sebesar Rp51 miliar.

“Kalau dilihat dari target pajak yang disesuaikan dengan pandemi covid-19 di triwulan kedua berjalan ini sudah terpenuhi,” ujarnya.

Diakuinya, dengan kondisi seperti ini (pandemi covid-19) pihaknya akan terus mengupayakan agar target pajak terealisasi maksimal. Selain itu, pada perubahan anggaran nanti ada beberapa jenia pajak yang akan dilakukan perubahan.

“Sejauh ini kami akan lihat trend dari semua sektor pajak. Nanti ada beberapa jenis pajak yang akan dinaikan targetnya,” tuturnya.

Sementara, meski dilanda pandemi covid-19, ada salah satu dinas di Pandeglang yang capaian PADnya tidak terpengaruh pandemi covid-19, yaitu Dinas Perikanan Pandeglang, yang sampai sekarang target PAD sudah mencapai 54 persen.

Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna mengaku optimis hingga akhir tahun mencapai target bahkan dipastikan akan melampaui target yang sudah ditentukan. ” Untuk bulan ini (Juni) kami pastikan bisa mencapai 60 persen,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.