Dampak Covid-19, Jumlah Pekerja Yang di PHK Dari 53 Perusahaan di Tangsel Tercatat 1.892 Orang

  • Whatsapp
Ilustrasi

KOTA TANGSEL, REDAKSI24.COM – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung beraķhir berdampak besar pada penghasilan berbagai sektor industri dan usaha. Akibatnya jumlah pengangguran semakin bertambah, karena perusahaan tidak mampu lagi memberikan upah.

Seperti yang terjadi di Kota Tangerang Selatan, jumlah pekerja yang terdampak Covid-19 dengan status pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan saat ini menjadi 3.020 orang.

Bacaan Lainnya

Jumlah tersebut, berasal dari 53 perusahaan yang terdampak Covid-19. “Jumlah pekerja yang di PHK ada 3.020 orang dari 53 perusahaan,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan Sukanta saat dikonfirmasi, Jumat (13/11/2020).

Jumlah tersebut meningkat dari data Juni 2020 lalu ada 2.754 orang. Ada 1.626 orang yang di PHK dari 43 perusahaan. Sementara 882 orang dirumahkan dan 246 UMKM tak beroperasi lagi.

BACA JUGA: Pandemi Corona Hantam Sektor Industri, Ada Korban PHK Sampai Nekat Bunuh Diri

Adanya peningkatan jumlah pengangguran itu diakui oleh Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Tangsel Endang Wahyuningsih. Jumlah tersebut, kata Endang, meliputi pekerja yang di PHK dan dirumahkan dari berbagai sektor industri, pariwisata dan jasa.

“Iya, ada kenaikan sedikit. Saat ini tercatat ada 1.892 orang terkena PHK dari 53 perusahaan. Lalu ada 882 orang dirumahkan dari 80 perusahaan, mereka tidak diberhentikan tapi bekerja dari rumah dan tetap dapat upah. Selain itu ada 246 UMKM yang tidak lagi beroperasi,” kata Endang.

BACA JUGA: Covid-19 Mengakibatkan Ribuan Wanita di Tangsel Menjanda, Penyebabnya Tekanan Ekonomi

Lebih jauh Endang mengatakan, menghadapi masalah tersebut, pihaknya tidak tinggal diam dan memberikan pelatihan kerja kepada mereka yang terkena PHK. Selain itu, pihaknya juga melakukan pendampingan program Kartu Pra Kerja terhadap 29.396 warga Tangsel yang sudah terdaftar program nasional tersebut.(wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.