Dampak Covid-19, 100 Perusahaan di Banten Gulung Tikar

  • Whatsapp
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten, Alhamidi (kiri).

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Dampak Virus corona (Covid-19) tidak hanya berimbas pada sektor sosial dan kesehatan, melainkan juga sektor ekonomi.
Terbukti dari total 16.730 industri kecil, menengah dan besar, 100 diantaranya gulung tikar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten, Alhamidi mengatakan, berdasarkan pengamatan di lapangan, selain 100 perusahaan yang gulung tikar, sampai bulan April ini sudah ada 3 ribu lebih karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan 5 ribu lebih yang di rumahkan.

Bacaan Lainnya

Data itu katanya, diperkirakan akan terus bertambah selama Covid-19 belum berakhir. ” Ya kalau ini terus bertambah, tentu angka pengangguran di Kota Serang akan meningkat,” kata Alhamidi, Selasa (21/4/2020).

Namun ketika ditanya perusahaan mana saja yang gulung tikar, Alhamidi enggan menjelaskan. Ia hanya berharap kepada perusahaan yang melakukan PHK kepada karyawannya agar tetap memberikan hak-hak mereka, seperti gaji.

Sedangkan untuk perusahaan yang tutup sementara, diharapkan segera pulih jika Covid-19 sudah berakhir. Namun, imbuhnya, bagi karyawan yang terkena dampak PHK, agar segera melakukan pendaftaran bantuan Pra Kerja kepada pemerintah.

BACA JUGA:

Pemprov Banten Maksimalkan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Dana Tunjangan Gubernur Banten Dipotong Buat Penanganan Covid-19

Sementara itu Ketua DPRD Banten, Andra Soni meminta kepada Pemprov Banten agar segera membantu para pekerja yang mengalami PHK dari perusahaannya melalui bantuan JPS yang sudah dialokasikan.

“Mereka ini harus tercover oleh bantuan Pemprov. Jangan sampai adanya musibah ini, mereka justru terabaikan,” tegasnya. (Luthfi/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.