Cuma Angkutan Logistik yang Boleh Menyeberang di Pelabuhan Merak

  • Whatsapp
larangan mudik
Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten tetap beroperasi meski ada larangan mudik.

KOTA CILEGON, REDAKSI24.COM – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Merak, Banten, masih melakukan pelayanan jasa angkut penumpang. Padahal sudah ada larangan mudik untuk mencegah penyebaran corona virus disease atau Covid-19.

Wakapolda Banten Brigjen Tomex Koerniwan mengatakan, hari pertama pemberlakuan larangan mudik di wilayah hukumnya, sejumlah jalan raya kondisinya terpantau lengang.

Bacaan Lainnya

“Satu dua hari ini kami pantau persiapannya. Supaya sendi ekonomi masyarakat normal, kami fokuskan truk sembako. Kami sudah cek di beberapa ruas sudah lengang, didominasi truk barang,” kata Tomex kepada wartawan, Sabtu (25/4/2020).

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Nurhadi Unggul Wibowo mengatakan, Pelabuhan Merak tetap melayani penyeberangan orang, baik dari Pulau Jawa menuju Sumatera atau sebaliknya.

Menurutnya, larangan mudik hanya berlaku bagi zona merah atau wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai Permenhub nomor 25 tahun 2020. Menurut dia, Pelabuhan Merak tidak termasuk dalam PSBB.

“Karena itu angkutan orang, barang, masih bisa beroperasi dan melayani, begitupun yang dari Lampung,” katanya.

BACA JUGA:

. 1 Lagi PDP Covid-19 di Kota Cilegon Meninggal Dunia, 1 Orang Tanpa Gejala

. Larangan Mudik, Terminal Terpadu Merak Kota Cilegon Lengang

. Kadinkes Cilegon Sebut Hasil Reaktif Bukan Berarti Positif Covid-19

Nurhadi mengatakan, seluruh wilayah perbatasan yang melaksanakan PSBB sudah dijaga personel gabungan TNI-Polri, Dishub dan Satpol PP. Pihaknya meyakinkan tidak akan ada kendaraan umum maupun pemudik yang lolos melintas.

“Kendaraan yang sampai sini (Pelabuhan Merak) berasal dari daerah PSBB yang sudah dilakukan check poin pihak kepolisian. Kalau bukan dari daerah PSBB maka boleh masuk, kalau berasal dari PSBB maka harus putar balik,” jelasnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.