Cilegon Dilanda Angin Ribut, SPBU Roboh, Puluhan Pohon Bertumbangan

  • Whatsapp
angin puting beliung cilegon
Disapu angin outing beliung, atap SPBU di pinggir Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon roboh menimpa mobil yang tengah mengisi BBM di SPBU tersebut, Jumat (22/5/2020) petang.

CILEGON, REDAKSI24.COM – Sebuah SPBU di pinggir Jalan Lingkar Selatan (JLS) tepatnya di Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten, roboh disapu angin puting beliung, Jumat (22/5/2020) petang.

Pantauan Redaksi24.com di lokasi, atap SPBU yang roboh menimpa satu unit Toyota Fortuner bernomor polisi A 1432 S milik Nawir, seorang konsumen SPBU warga Perumahan Bukit Baja Sejahtera (BBS).

Bacaan Lainnya

“Untungnya nggak ada korban jiwa pada bencana ini. Tapi kerugian diestimasi mencapai Rp200 juta,” kata Petugas Pengawas Pom Bensin, Esa Mahesa Sejati kepada Redaksi24.com, Jumat (22/5/2020).

Ia juga mengatakan, bencana alam tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Menurut kesaksiannya, pusaran angin melewati pom berlalu dengan cepat. “Puting beliungnya cepat banget, sekitar 10 atau 15 menit. Atap pom bensin roboh menimpa mobil konsumen yang lagi mengisi bensin,” tuturnya.

Untungnya, menurut Esa, sopir mobil tersebut tidak sampai cidera atau mengalami luka-luka. “Nggak apa-apa supirnya, dia juga nggak bawa penumpang, sendirian,” tambahnya.

Sementara itu, Manager SPBU Nana Sutrisna mengatakan, kerugian setelah diestimasi mencapai Rp200 juta. Pihaknya telah mengkonfirmasi bencana ini kepada PT Pertamina. “Kami sudah diminta untuk tidak beroperasi dulu, hingga semuanya beres,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya mengaku siap memberikan ganti rugi kepada pemilik mobil Fortuner yang tertimpa atap SPBU. “Kami siap ganti rugi atas kerusakan mobil konsumen,” ujarnya.

Hujan deras disertai angin puting beliung juga menumbangkan sebanyak 27 pohon besar di kawasan JLS. Kepala BPBD Kota Cilegon Erwin Harahap membenarkan bencana angin ribut tersebut.

Menurutnya, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 18.30 WIB dengan posisi saat itu di sepanjang jalan lingkar selatan dari Pondok Cilegon Indah (PCI) sampai arah Kecamatan Ciwandan.

Awalnya, langit tertutup awan mendung hitam pekat. Tak lama kemudian hujan deras mengguyur disertai angin kencang yang akhirnya terjadi puting beliung. Bencana angin ribut melanda sepanjang jalan lingkar selatan sampai ujung Ciwandan.

“Ada sekitar 27 pohon besar yang tumbang, dan ada satu warung yang bergeser ke tengah jalan,” kata Erwin kepada Redaksi24.com, Jumat (22/5/2020).

Lanjut Erwin, pihaknya tengah mengerahkan puluhan anggota BPBD, relawan MDA, Tagana, PMI yang dibantu personil TNI/Polri Kecamatan Cibeber guna menyisir pepohonan yang tumbang serta membuat rekayasa jalan agar tidak terjadi kemacetan lalulintas.

“Jaringan listrik juga sempat putus, itu lagi diperbaiki,” tambah Erwin di lokasi kejadian.

Erwin mengaku masih beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa angin ribut tersebut. “Kalau kerugian belum bisa ditaksir, karena kerugian itu bisa diperhitungkan jika pohon tersebut adalah aset,” tutupnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.