Cerita Pedagang Situ Cipondoh: Keluarkan Uang Jutaan Rupiah ke Saudara Pejabat Usahanya Masih Terancam Digusur

oleh -
Seorang pengendara melewati pintu masuk kawasan Taman Situ Cipondoh.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM – Puluhan pedagang di Situ Cipondoh, Kota Tangerang, Banten resah. Pasalnya, setelah membayar uang sewa jutaan rupiah kepada orang yang mengaku sebagai pengelola tempat wisata tersebut, mereka tetap akan digusur oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten yang akan mengembalikan kawasan wisata tersebut ke fungsinya sebagai pengelolaan sumber daya air.

“Ya kami hanya bisa pasrah, karena disini kami hanya menyewa, mau gimana lagi,” kata salah satu pedagang di kawasan wisata air tersebut, Jumat (7/1/2021). 

Ia mengaku menyewa lahan itu kepada salah seorang yang mengklaim sebagai pengelola tempat wisata atas nama Samlani sebesar Rp10 juta. Itupun hanya lahannya saja, sedangkan untuk lapaknya harus bangun sendiri.

” Sewa lahan di sini bervariasi, yaitu Rp7 juta sampai Rp10 juta,” kata dia. Selain itu juga ada biaya listrik sebesar Rp200 ribu perbulan dan juga Rp5 ribu untuk kebersihan Rp5 ribu setiap harinya. 

BACA JUGA: Pemprov Banten Minta Pedagang Situ Cipondoh Kosongkan Lahan

Hal itu dibenarkan oleh pedagang lainnya. “Iya benar, semua pedagang di sini sewa lahannya kepada Samlani. Dan mereka membangun lahan tersebut semi permanen dengan penyangga besi ringan. 

” Untuk bangun usaha di sini biayanya lumayan besar, minimal Rp10 juta. Karena bahannya menggunakan penyangga besi baja,” kata pedagang makanan yang juga tidak mau disebutkan namanya.

BACA JUGA: PUPR Provinsi Banten Akan Polisikan Pungli di Situ Cipondoh 

Untuk  itu kata dia, semua pedagang, baik makanan, minuman dan lainnya merasa resah. Karena setelah beberapa bulan bayar atau memperpanjang uang sewa pertahun, dapat surat dari Dinas PUPR Provinsi Banten yang meminta agar lahan tersebut segera dikosongkan.

” Kami semua disini merasa resah, karena orang yang mengaku sebagai pengelola lokasi wisata ini juga tidak bisa berbuat apa-apa,” kata dia.

Berdasarkan penelusuran Redaksi24.com, ada tiga kawasan kuliner yang berdiri di bagian depan Situ Cipondoh, Jalan KH Hasyim Ashari, Kota Tangerang.  Satu dari tiga tempat tersebut terdapat 10 lapak lebih yang berdiri di samping kanan Taman Situ Cipondoh. 

Informasi di lokasi, orang yang bernama Samlani atau yang mengaku sebagai pengelola di kawasan wisata tersebut merupakan saudara dari salah satu pejabat di Kota Tangerang. (Candra/Aan)

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.