Cemari Lingkungan Akhirnya PT Xing Xing Steel di Pasar Kemis Disegel

  • Whatsapp
Ilustrasi penyegelan PT Xing Xing Steel- istimewa.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Akhirnya warga Kampung Picung, Desa Pasar Kemis, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, kembali menghirup udara segar tanpa polusi pabrik.

Pasalnya, pabrik baja (PT Xing Xing Steel) yang sudah 10 tahun lebih berdiri di Kecamatan itu, sejak 10 April 2020 lalu disegel oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk tidak beroprasi karena menimbulkan pencemaran udara.

Bacaan Lainnya

Penyegelan tersebut dilakukan sesuai dengan SK Bupati Tangerang No.: 660/KEP.291-HUK2020, prihal penerapan sanksi administrasi paksaan pemerintah Kepada PT Xing Xing Steel.

“Ya sudah disegel, sudah ditutup. Sejak SK Bupati keluar kami (DLHK) langsung sampaikan ke PT Xing Xing Steel melalui Pol PP,” kata Kasi Bina Hukum DLHK Kabupaten Tangerang, Shandi Nugraha saat dikonfirmasi, Sabtu (2/5/2020).

Shandi menambahkan, PT Xing Xing Steel dilarang melakukan aktifitas peleburan baja, sebelum 25 point yang menjadi syarat utama terkait pencemaran lingkungan dipenuhi.

Kata Shandi, 25 persyaratan tersebut diantaranya tentang pengelolaan limbah B3 yang terbukti mencemari lingkungan, kemudian perbaikan cerobong asap yang menyebabkan polusi udara dan gangguan kesehatan, hingga perbaikan area produksi yang dinilai tidak layak dalam industri peleburan baja.

“Penyegelan ini tidak ada batas waktu sampai pihak perusahaan bisa memenuhi 25 syarat itu silahkan ajukan kembali,” tegasnya

Dihubungi terpisah, Kasat Pol PP Kabupaten Tangerang, Bambang Mardi Santosa membenarkan ihwal penyegelan PT Xing Xing Steel. Bahkan, lanjut Bambang, sebelum dilakukan penyegelan pihak Pol PP sudah memberikan surat peringatan sebanyak tiga kali namun tak satupun yang diindahkan oleh pihak perusahaan.

“Ya sudah ditutup sesuai dengan perintah dan SK Bupati bahkan sebelumnya kami sudah berikan SP1, SP2, dan SP3,” kata Bambang.

BACA JUGA:

Warga Picung Tunggu ‘Action’ Satpol PP dan DLHK Kabupaten Tangerang Segel PT Xing Xing Steel

Sementara itu, Faturachman ketua tim advokasi warga Picung yang mewakili masyarakat sekitar mengucapkan rasa terima kasih kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang telah mengeluarkan surat keputusan penghentian operasional PT Xing Xing Steel yang sudah sangat meresahkan warga.

Bahkan warga sekitar membuat spanduk khusus sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih karena lingkungannya sekarang bebas dari polusi udara dan pencemaran lingkungan.

“Kami forum musyawarah 45 bangga dan bahagia akhirnya lingkungan kami bebas dari polusi dan pencemaran lingkungan,” tutupnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.