Cegah Wabah Corona, 30 Tahanan di Lapas Rangkasbitung Jalani Sidang Online

  • Whatsapp
Sidang Online WBP Rangkasbitung
Sidang online WBP Rangkasbitung.

LEBAK, REDAKSI24.COM—Sebanyak 30 tahanan yang merupakan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Rangkasbitung menjalani sidang secara online. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh pihak Lapas guna menekan penyebaran Covid-19 atau virus Corona yang telah menjadi pandemi global.

Kalapas Rangkasbitung Budi Ruswanto mengatakan, sidang online tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona di lingkungan Lapas Rangkasbitung.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya pintu masuk lapas sering digunakan sebagai aktivitas lalu lintas petugas, kunjungan keluarga, pelimpahan tersangka maupun aktivitas sidang di Pengadilan yang sulit diawasi, sehingga berisiko akan terinfeksi nya Virus Covid-19 tersebut. Untuk itu kita memberlakukan kebijakan sidang online, dan meniadakan kunjungan langsung terhadap WBP,” kata Kalapas kepada Redaksi24.com, Jum’at (27/3/2020).

BACA JUGA:

Tim Medis Puskesmas Parungsari Datangi Rumah Warga ODP di Wanasalam, Lebak.

ASN Lebak Ketahuan Keluyuran Tak Jelas, Tambahan Gaji Dipotong 100 Persen

Ia menjelaskan, sidang online tersebut sesuai dengan surat edaran Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Dalam pelaksanaan sidang online tersebut, sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di Kabupaten Lebak, Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan untuk menggelar layanan secara online tersebut.

“WBP yang mengikuti sidang online tidak perlu ke Pengadilan cukup di ruang aula yang kita jadikan tempat sidang secara online, begitupun dengan kegiatan pelimpahan tersangka,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Lebak Taufik mengatakan, pelaksanaan sidang online tersebut telah sesuai dengan dasar aturan yang berlaku, dan menganut asas transparansi serta keterbukaan sehingga tidak melanggar sistem peradilan pidana.

“Sepanjang hakim yang menyidangkan tidak keberatan, kami tetap bisa melaksanakan sesuai dengan ketentuan ditengah upaya pencegahan pandemi virus corona,” pungkasnya. (Yusuf/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.