Cegah Mewabahnya Virus Corona, Arab Saudi Hentikan Sementara Perjalanan Umrah

oleh -
Perjalanan Umrah

REDAKSI24.COM—Demi mencegah semakin mewabahnya virus Corona atau COVID-19 di negaranya, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menghentikan sementara perjalanan umrah, termasuk kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah. Kepastian tersebut diumumkan secara resmi oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, di Twitter, pada Kamis (27/2/2020) dini hari.

Selain itu pemerintah Arab Saudi juga menangguhkan izin masuk ke Arab Saudi bagi wisatawan yang berasal dari negara-negara dengan kasus Corona. Selain itu pemerintah Arab Saudi juga meminta warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke negara di mana virus Corona menyebar.

penghentian sementara ibadah umrah

Diduga keputusan tersebut dikeluarkan pemerintah Arab Saudi atas rekomendasi Kementrian Kesehatannya. Keputusan terebut diambil setelah terjadinya lonjakan kasus virus Corona di Iran, yang dekat dengan Arab Saudi. Iran kini menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbanyak kelima di dunia. Iran melaporkan telah menjangkiti 139 orang dan 19 orang diantaranya meninggal dunia.

Menanggapi hal tersebut, Staf Khusus Menteri Agama Ubaidilah Amin Moch membenarkan adanya penghentian sementara ibadah umrah oleh pemerintah Arab Saudi. Menurut Ubaidilah sebelum keputusan tersebut diambil pihaknya telah membicarakan penghentian sementara jemaah umrah dari Indonesia dengan pihak Arab Saudi.

“Pengajuan visa umrah dan visa lainnya ke Arab Saudi mulai hari ini diberhentikan,” kata Ubaidillah dalam keterangan tertulis, Kamis, (27/2/2020).

Ubaidillah juga mengaku dengan keputusan tersebut juga Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah sudah mengerahkan jajarannya untuk ke bandara, sebagai antisipasi banyak jamaah yang ditahan di sana. Ia juga meminta agar para pengelola biro perjalanan umrah aktif menyebarkan informasi ini kepada jemaahnya.

“Meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk pro aktif mengelola informasi kepada para jemaahnya.”

Ubaidillah mengatakan Kemenag Republik Indonesia menghormati keputusan Arab Saudi sebagai bentuk antisipasi menyebarnya virus Corona. Untuk itu ia meminta semua jamaah umrah dari Indonesia untuk bersabar sambil menunggu pemerintah Arab Saudi membuka kembali izin. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.