Cegah HIV, WBP Rutan Rangkasbitung Dapat Penyuluhan VCT

  • Whatsapp
WBP Rutan klass IIB Rangkasbitung mendapat penyuluhan HIV.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Ruang Tahanan (Rutan) klass IIB Rangkasbitung mendapat penyuluhan Voluntary Conseling Test (VCT) di Ruang Pembinaan Rutan Rangkasbitung, Rabu (4/12/2019).

Dalam penyuluhan VCT tersebut, WBP Rutan Rangkasbitung mendapatkan pembinaan kesehatan, dan juga pemahaman mengenai penyakit menular HIV atau Aids. Pembinaan dilakukan secara langsung oleh Doktor Rutan Rangkasbitung, yakni Dr. Nurcholida. Pembinaan juga melibatkan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, dan Puskesmas Rangkasbitung.

Bacaan Lainnya

Kepala Rutan Klas IIB Rangkasbitung, Aliandra Hararap mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk menekan dan juga memastikan WBP Rutan Rangaksbitung bebas dari penyakit mematikan tersebut.

” Seluruh WBP akan diperiksa dan juga diberikan layana kesehatan guna memastikan kesehatan seluruh WBP dan mencegah terjadinya penyebaran HIV/AIDS di rutan, serta memberi pengetahuan tentang manfaat diselenggarakannya VCT,” kata Karutan kepada Redaksi24.com.

Dilanjutkan, Dr. Nurcholida, pembinaan tersebut dilakukan dengan cara pra konseling face to face antara setiap WBP dengan tim khusus yang terdiri dari pihak Dinas Kesehatan Lebak, Puskesmas Rangkasbitung, dan juga tim medis Rutan Rangkasbitung.

BACA JUGA:

.  Satgas Rutan Rangkasbitung Geledah Warga Binaan Pemasyarakatan

Selanjutnya, pihaknya melakukan pengambilan sampel darah untuk dilakukannya tes HIV/AIDS.

” Jadi langkahnya kita berikan sosialisasi dulu, selanjutnya dilakukan pra konseling, WBP melakukan face to face diwawancara history kehidupan dan kesehatanya. selanjutnya dilakukan pengambilan sampel darah untuk tes HIV/AIDS. Hasilnya bisa diketahui langsung jika ada WBP yang positif, maka akan diadakan pasca konseling,” ujarnya.

Ia menuturkan, dalam pembinaan tersebut tidak ditemukannya WBP yang menderita penyakit memastikan tersebut. Menurutnya, kegiatan VCT ini memberikan dampak yang cukup besar dalam pencegahan penyebaran HIV/AIDS.

” VCT memberikan banyak manfaat seperti sebagai informasi kesehatan diri, mencegah penyebaran HIV, dan menurunkan angka kesakitan HIV melalui pelayanan konseling sehingga WBP dapat mudah mencegah dari penularan HIV. Semoga WBP di sini seluruhnya selalu menjaga kesehatannya,” pungkasnya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.