Cegah COVID-19, Pemerintah Desa Wajib Siapkan Ruang Isolasi

oleh -
pemerintah desa mendes PDTT ruang isolasi covid-19 pencegahan
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar.

JAKARTA, REDAKSI24.COM – Pemerintah desa (Pemdes) di seluruh Indonesia wajib menyiapkan ruang isolasi di tingkat desa sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

“Di dalam kebijakan desa tanggap COVID-19, desa wajib membuka, menyiapkan ruang isolasi di tingkat desa,” tegasnya.

Ia mengatakan, ruang isolasi desa memanfaatkan gedung-gedung yang tersedia di desa, seperti balai desa, ruang pertemuan desa, gedung sekolah, dan rumah-rumah warga yang telah dikosongkan.

“Itu menjadi tanggung jawabnya desa,” katanya.

BACA JUGA: Tangerang Raya Plus Cilegon Masih Rawan Covid-19 di Banten

Ia mengemukakan, Kemendes PDTT telah mencairkan Dana Desa untuk Desa Aman COVID-19 sebesar Rp3,709 triliun atau 17,3 persen dari pencairan dana desa per 24 Mei 2021.

Menurut dia terdapat sebanyak 17.085 desa di lokasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro yang telah membangun tempat isolasi, dengan jumlah tempat tidur yang tersedia mencapai 43.547 unit.

Ia meminta seluruh kepala desa (Kades) untuk tetap waspada dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19, karena pedesaan sangat penting untuk menekan angka penyebaran virus mematikan tersebut.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Gus Menteri itu menyampaikan, Dana Desa dapat digunakan melalui kegiatan relawan desa lawan COVID-19.

Ia mengemukakan tugas-tugas relawan desa lawan COVID-19 melakukan sosialisasi kepada warga desa terkait apa itu COVID-19 dan bagaimana menghindari COVID-19. Ia menambahkan salah satu yang dilakukan relawan desa lawan COVID-19 juga menyiapkan sarana dan prasarananya.

Misalnya menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sosialisi protokol kesehatan yang dikeluarkan BNPB atau Satgas COVID-19, melakukan penyemprotan lingkungan dengan menggunakan cairan disinfektan, dan menyiapkan tempat isolasi.

Selain itu, ia mengatakan, Dana Desa juga dapat digunakan untuk menyiapkan ruang isolasi.

“Nah dari situlah maka terjadi penekanan yang cukup kuat terkait dengan penyebaran COVID-19,” tandas Abdul Halim Iskandar.(ANT/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.