Cegah Corona, Dokter Lintas Batas Luncurkan Pos Yandu Remaja di Pandeglang

  • Whatsapp
pos yandu remaja
Puluhan remaja di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Pandeglang, mengikuti launching pos yandu remaja.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Medecins Sans Frontieres (MSF) atau Dokter Lintas Batas, yang bekerjasama dengan Puskesmas Labuan dan Desa Teluk, meluncurkan pos yandu remaja di Kantor Kepala Desa Teluk, Minggu (8/3/2020).

Kegiatan tersebut, merupakan peluncuran perdana pos yandu remaja di Pandeglang, dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan kesehatan, dan sekaligus sosialisasi tentang pencegahan wabah virus corona.

Bacaan Lainnya

Dalam acara itu, lebih dari 25 remaja Desa Teluk, Kecamatan Labuan, yang dilibatkan dan menjadi kader pos yandu remaja.

Bidang Promosi Kesehatan Lembaga MSF, Joni mengatakan, hari ini launching pos yandu remaja dan sekaligus pelayanan kesehatan bagi para remaja di Desa Teluk. Dikatakannya, yang terlibat dalam acara itu adalah para remaja di Desa Teluk, dan didampingi pihak Puskesmas Labuan.

“Salah satu tujuannya adalah, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi para remaja,” ungkap Joni.

Lanjut dia, ada beberapa tahapan dalam peluncuran pos yandu remaja ini, mulai dari yang menyangkut pemeriksaan kesehatan, konseling dan pemberian obat. “Selain itu kami juga memberikan penyuluhan kesehatan bagi para remaja, termasuk masalah kasus virus corona,” katanya.

Ke depan, tambah Joni, pos yandu remaja ini tidak hanya dibentuk di Desa Teluk. Tetapi rencananya akan ada di setiap  desa di Pandeglang. Selain itu, pihaknya bersama Puskesmas melakukan pendampingan dalam penguatan kapasitas kesehatan bagi sebanyak 5 sekolah di Pandeglang.

“Untuk saat ini kami punya lokus di dua kecamatan Pandeglang, diantaranya Labuan dan Carita. Mudah-mudahan melalui program ini, kualitas kesehatan masyarakat Pandeglang lebih meningkat lagi,” ujarnya.

BACA JUGA:

. Tinton Serius Bangun Sirkuit Moto GP di Pandeglang

. Turnamen Voli Kades Cibarani Cup Disupport Bupati Pandeglang

. Tanpa Petahana, PPP Sodorkan 4 Nama Bacalon Bupati Pandeglang ke DPP

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Labuan, Angga Iskandar Winata mengatakan, peluncuran pos yandu remaja ini cukup bagus. Sehingga para remaja di wilayah kerjanya, bisa lebih mudah mengakses pelayanan kesehatan.

“Mudah-mudahan pos yandu remaja ini tidak hanya terbentuk di Desa Teluk. Tetapi di desa yang lain di Labuan bisa terbentuk juga, sebab hal ini akan mampu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, sekarang ini kasus kenakalan remaja cukup tinggi. Sebab itu melalui pos yandu remaja diharapkan para remaja di Pandeglang, khususnya di Desa Teluk bisa lebih terarah lagi.

“Selama ini pos yandu hanya untuk bayi dan balita. Nah sekarang telah terbentuk pos yandu remaja, jadi para remaja lebih mudah untuk mengakses pelayanan kesehatan,” tandasnya. (Samsul Fathoni)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.