Cegah Abrasi, KOMPAK Carita Pandeglang Tanam Mangrove di Kawasan Pantai

  • Whatsapp
KOMPaK Carita Pandeglang

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (Kompak) Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, bersama Tagana dan KSB melakukan penanaman mangrove di kawasan pantai Carita, aksi itu dilakukan sebagai upaya dalam mencegah terjadinya abrasi pantai.

Ketua Kompak Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Saeful mengungkapkan, aksi penanaman pohon mangrove di kawasan Pantai Carita, sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan, tujuannya untuk mencegah terjadinya abrasi pantai dari gelombang laut.

Bacaan Lainnya

“Kami bersama Tagana dan KSB berinisiatif melakukan gerakan tanam pohon mangrove, sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan, guna kawasan pantai ini tetap terjaga dari abrasi,” ungkapnya, Jumat (22/1/21).

Dikatakannya, ada sebanyak 1.000 pohon mangrove yang ditanam di kawasan pantai ini (Carita, red). Diakuinya, dengan ditanaminya pohon mangrove di pesisir pantai ini akan memiliki banyak manfaat, salah satunya mencegah abrasi pantai.

“Kami rasa tanaman mangrove sangat penting ditanam di kawasan pantai, karena bisa mencegah abrasi pantai. Makanya kami juga mengajak kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga dan peduli terhadap lingkungan,” katanya.

Terpisah, salah seorang tokoh Pemuda Carita, Sandi mengaku, sangat mengapresiasi dengan langkah yang dilakukan oleh Kompak dan KSB tersebut. Menurutnya, memang pohon mangrove ditanam di pinggir pantai sangat banyak manfaatnya, salah satunya mencegah abrasi pantai.

“Tentu kami sangat mendukung penuh atas kegiatan yang dilakukan oleh para personil Kompak. Karena mereka sudah peduli terhadap lingkungan, semoga apa yang dilakukan jajaran Kompak menjadi motivasi bagi pihak lain,” ujarnya. (Samsul/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.