Camat Neglasari Janji Akan Bedah Rumah Warganya Yang Tidak Mampu

oleh -
Rumah tak layak huni.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM —
Setelah bertahun-tahun tidak mendapat perhatian dari Pemkot Tangerang, akhirnya Pemkot Tangerang akan melakukan bedah rumah terhadap tempat tinggal Yadi (28) di RT 02,RW 02, Kelurahan Kedaung Baru, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Banten.

Itu terjadi, karena rumah yang tidak layak huni tersebut ramai dipublikasikan di media massa. ” Ya, tahun ini rumah tersebut akan dibangun,” kata Camat Neglasari, Ubaidillah Ansar saat dihubungi Redaksi24.com melalui telpon selulernya, Selasa (22/10/2019).

Untuk merealisasikan hal itu, kata Ubaidilllah, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Lurah Kedaung Baru, soal status lahannya. “Kami akan cek dulu, tanah itu milik siapa,” kata Ubaidillah.

Apabila, tambah ubaidillah, status tanah tersebut memang miliknya, program bedah rumah bisa segera dilakukan. ” Tahun ini akan kita beresin,” kata Ubaidilah.

Berdasarkan pantauan Redaksi.24.com, selain rumah tersebut berlantai tanah dan berdinding kayu yang sudah lapuk, atap maupun genting banyak yang bolong karena termakan usia. Sehingga bila siang hari, sinar matahari lansung menyeruak ke dalam ruangan rumah.

Udaranyapun terasa pengap karena tidak dilengkapi dengan ventilasi. Dan yang menambah parah, disekitar rumah dikelilingan bangunan permanen milik orang lain.

BACA JUGA:

Masih Ada Rumah Tidak Layak Huni di Kota Tangerang

Inspektorat Nilai Kota Tangerang Belum Bebas Dari Pungli

Ironisnya, di dalam rumah tersebut, juga terdapat salah seorang penghuni yang menderita penyakit paru-paru , namun tidak dirawat karena keterbatasan biaya. ” Bapak saya sudah bertahun-tahun sakit paru-paru, tapi tidak pernah dirawat karena tidak punya biaya,” kata Yadi yang bekerja sebagai buruh di tempat pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing.

Jangankan, tambah dia, untuk biaya pengobatan atau perbaikan rumah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sulit. (Agus/Aan)