Buronan Korupsi Dana Desa Diringkus Polres Cilegon

  • Whatsapp
koripsi dana desa
Tersangka D ditangkap petugas Polres Cilegon di Kabupaten Lebak, Banten.

CILEGON, REDAKSI24.COM – Pelarian D, seorang staf Desa Pulopanjang, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, selama bertahun-tahun akhirnya berakhir di Mapolres Cilegon. Tersangka kasus dugaan korupsi dana desa senilai Rp1,2 Miliar itu, ditangkap di Kampung Muara, Desa Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

“Tersangka D ditangkap Selasa (9/6/2020) setelah lebih satu tahun masuk DPO (Daftar Pencarian Orang) dalam perkara tindak pidana korupsi di Pulopanjang, Kabupaten Serang dengan kerugian negara Rp1,2 Miliar,” kata Kanit III Reskrim Polres Cilegon, Iptu Choirul Anam, Jumat (19/6/2020).

Bacaan Lainnya

Anam juga menjelaskan, dari keterangan pelaku yang sudah vonis, yakni Kepala Desa Pulopanjang berinisial S,  tersangka D sebagai pembuat laporan kegiatan pembangunan yang dananya bersumber dari dana desa tahun 2016.  Namun kegiatan yang dimaksud tidak pernah dilaksanakan alias fiktif.

“Hasil pencairan dana tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi para tersangka. Dari hasil pengembangan, D kemudian ditetapkan sebagai tersangka pada tahun 2019,” katanya.

Ia juga mengatakan, setelah menyadari telah melakukan perbuatan melawan hukum, tersangka kemudian mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di desa tersebut. Kemudian, dia bekerja sebagai sopir taksi di salah satu perusahaan di Jakarta.

Sementara itu, kepada penyidik Polres Cilegon, tersangka D mengakui kesalahannya. Dia berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang melanggar hukum. “Saya cuma diminta bantuannya sama kepala desa,  saya melaksanakan tugas sesuai apa yang ditugaskan kepada saya, atas dasar arahan dari kepala desa,” sesalnya.

Karena perbuatannya, tersangka D dinilai melanggar UU Pemberantasan Korupsi dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan paling lama 20 tahun penjara serta denda Rp 1 Miliar.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.