Bupati Tangerang: Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Lebaran

oleh -
covid-19, bupati tangerang, A Zaki Iskandar, Mendagri, Tito Karnavian, idul fitri, lebaran, larangan mudik, rakornas,
Forkopimda Kabupaten Tangerang, Banten, mengikuti Rakornas penanganan Covid-19 secara virtual.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Bupati Tangerang A Zaki Iskandar bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait penanganan Covid-19 di Indonesia pada Rapat Kerja Nasional (Rakornas) yang digelar secara virtual, Senin (3/5/21).

Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar mengakui, Rakornas membahas penanganan Covid-19 dan pengamanan Idul Fitri serta Ramadhan 2021, baik pelaksanaan Idul Fitri, mudik sampai dengan mengantisipasi kegiatan masyarakat yang bisa menimbulkan kerumunan.

“Kami akan patuhi dan tindaklanjuti arahan Mendagri dan juga paparan dari Menkes dan Ketua BNPB, kita harus mewaspadai kemungkinan lonjakan kasus Covid-19. Kami akan ketatkan larangan mudik dengan mengaktifkan posko-posko penjagaan,” katanya.

Sementara itu, dalam arahannya Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan, menjelang Idul Fitri seluruh kepala daerah diminta agar lebih mewaspadai kemungkinan timbulnya lonjakan kasus Covid-19 di daerahnya masing-masing.

“Menjelang hari raya, banyak sekali kegiatan masyarakat atau tradisi menjelang lebaran tanpa prokes, seperti berbelanja atau buka bersama yang dikhawatirkan menimbulkan cluster baru Covid-19,” ujar Tito.

BACA JUGA: Bupati Tangerang Minta Buruh Tidak Mudik Lebaran

Mendagri juga menyampaikan pesan Presiden agar kepala daerah jangan sampai kendor, dan harus bisa mengetatkan protokol kesehatan dan juga meminta para kepala daerah menyampaikan satu narasi tegas yaitu benar-benar melarang mudik.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono mengungkapkan menjelang Idul Fitri saat ini sudah mulai ada peningkatan kasus baru Covid-19. Biasanya, kata dia, terjadi peningkatan kasus Covid-19 pasca liburan atau libur panjang.

“Saat ini di beberapa daerah sudah mulai terjadi peningkatan kasus Covid-19, angka kematian meningkat dibandingkan tujuh hari sebelumnya. Pasien yang dirawat di rumah sakit dengan kecenderungan melandai pada minggu lalu, di beberapa rumah sakit juga sudah mulai meningkat lagi,” ungkapnya.

Seluruh pihak, kata dia, mesti mewaspadai kondisi tersebut. Kenaikan jumlah kasus di beberapa daerah, menurut dia, bisa menjadi alarm untuk kian mewaspadai meningkatnya kasus Covid-19.

“Kami harap para kepala daerah untuk mewaspadai lonjakan kasus yang dikhawatirkan terjadi menjelang dan pascalebaran Idul Fitri,” katanya.

Menurutnya, karena saat ini virus covid-19 sudah bermutasi menjadi beberapa varian baru, seperti di Inggris dan India. Virus varian baru tersebut, menurut dia, sudah mulai masuk ke Indonesia.

“Untuk itu kita harus berhati-hati dan benar-benar melakukan pengetatan dan penerapan Prokes yang lebih maksimal lagi,” katanya.(PKP/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.