Bupati Tangerang Minta Inspektorat Periksa Video Pungli di Kecamatan Kresek

oleh -
pungli di Kecamatan Keresek
Bupati Tangerang A Zaki Iskandar

REDAKSI24.COM – Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar meminta Inspektorat segera memeriksa kasus dugaan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oknum pegawai Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, yang viral di media sosial (Medsos).

Kepada wartawan usai Pengukuhan dan Mukernas Persada.ID di Hotel Atria, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu, (28/8/2019), Zaki mengatakan, dalam rekaman video tersebut tidak jelas siapa yang meminta uang sebagai kompensasi atas pelayanan publik di Kecamatan Kresek.

“Berapa duit, terus kapan itu dilakukan, coba dilihat lagi dengan seksama, semuanya itu kan masih belum jelas, biarkan nanti inspektorat bekerja untuk memeriksa,” ungkapnya.

Dia mengatakan, dalam video berdurasi satu menit empat puluh enam detik itu, juga tidak terdengar kalimat seseorang meminta uang,  juga tidak terdengar kalimat negosiasi perihal besaran jumlah uang yang diminta.

“Di rekaman juga tidak ada ketika diberikan duitnya, Ini yang perlu diklarifikasi dan dijelaskan segambalang-gamblangnya agar tidak menjadi lebih viral,” cetusnya.

Ia meminta agar kasus video yang tengah viral tersebut segera klarifikasi Inspektorat Kabupaten Tangerang. Ia juga meminta si pelapor atau yang mengupload video tersebut untuk melakukan laporan.

“Supaya kesalahpahaman ini tidak terus berlanjut tanpa ada kejelasan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kresek Zaenudin mengaku tidak pernah meminta imbalan untuk pelayanan publik. Menurutnya, video viral tersebut tidak jelas, karena stafnya tidak meminta imbalan apapun dalam melayani masyarakat.

“Kami tidak meminta apa-apa kepada masyarakat, dan di video viral itu hanya seolah-olah memberi sesuatu, tapi saya tegaskan tidak meminta,” tegasnya.

Mantan Sekcam Tigaraksa itu juga mengaku sudah melakukan rapat internal dengan para staf pelayanan. Kata dia, tidak ada permintaan imbalan apa pun seperti yang ada dalam video tersebut.

“Saya tegaskan tidak ada permintaan apa pun, hanya di video tersebut seolah-olah ingin memberi sesuatu untuk pelayanan,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini tengah viral video dugaan pungli yang dilakukan salah seorang oknum pegawai Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten. Video yang beredar luas di media sosial Instagram tersebut, diunggah oleh akun @infotangerang.id dan @Infobalaraja. (Ricky/Difa)