Bupati Tangerang Minta Buruh Tidak Mudik Lebaran

oleh -
mayday, hari buruh, bupati tangerang, disnaker kabupaten tangerang, larangan mudik, lebaran, idul fitri, tasyakuran,
Bupati Tangerang, Banten, A Zaki Iskandar memberi sambutan pada tasyakuran Hari Buruh 2021.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang menggelar tasyakuran dalam menyambut peringatan hari buruh internasional atau mayday yang jatuh pada Sabtu 1 Mei 2021.

Pelaksanaan tasyakuran itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat melalui tes PCR, berlangsung di Hotel Lemo Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (30/4/2021) petang.

Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar dalam pertemuan dengan perwakilan serikat pekerja menyampaikan apresiasi kepada para buruh di Kabupaten Tangerang yang selama ini sudah terjalin komunikasi yang baik.

“Dua tahun terakhir ini tentu peringatan May Day dirayakan dalam situasi Pandemi Covid-19, maka saya mengimbau agar seluruh buruh tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat,” kata Zaki.

BACA JUGA: Dalam Dua Pekan Pemkab Tangerang Terima 7 Ribu Aduan Masyarakat

Zaki juga mengingatkan agar buruh dan keluarga saling menjaga diri dan tetap taat terhadap aturan 4M; memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Karena itu demi menghindari kerumunan silakan buruh memperingati Mau Day bisa dengan banyak saluran diskusi menyampaikan aspirasi dengan cara yang baik, kami, khususnya Dinas Tenaga Kerja memfasilitasi kepada para buruh semua,” kata Zaki.

Zaki juga mengingatkan, sebelum masa pandemi sinergitas para pekerja dengan Pemda Kabupaten Tangerang terjalin melalui kegiatan memperingati May Day, berupa pekan olahraga buruh dan mancing bersama. Dan itu hendaknya kegiatan itu bisa dilangsungkan jika situasi sudah pulih dari pandemi Covid-19.

“Saya juga meminta para perwakilan serikat ini menyampaikan kepada keluarga agar tidak mudik Lebaran. cukup video call saja, dan jangan membawa saudara ke Tangerang pasca Lebaran. Di sini tidak ada pekerjaan,” kata Zaki.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid yang juga hadir dalam tasyakuran itu menyampaikan, Pemkab Tangerang selama ini peduli dengan pekerja. Bupati, kata diam sebagai Ketua LKS Triparthit selalu memantau perkembangan para pekerja melalui diskusi dan pertemuan dengan para perwakilan serikat pekerja.

“Tidak hanya kaitan May Day tetapi pengupahan dan pembahasan UU Cipta Kerja sesuai ranah di daerah,” kata Rudi Maesyal.

Sementara itu, Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Tangerang, Ardi Kurniawan mengatakan, pihaknya akan tetap menggelar aksi turun ke jalan dengan mengirim perwakilan buruh ke Istana Negara dan Bunderan HI.

“Mereka akan bergabung juga dengan para perwakilan buruh dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang,” imbuhnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPC Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang, Agus Darsana mengatakan, perwakilan sekitar 20 buruh menuju istana negara dengan mengusung aspirasi penolakan UU Cipta Kerja (Omnibuslaw).(IKP/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.