Bupati Tangerang Didesak Segera Tutup Pabrik Plafon Pakuhaji

oleh -
Bupati Tangerang Didesak Segera Tutup Pabrik Plafon Pakuhaji LSM BP2A2N Satpol PP
Surat tiga dinas sebagai dasar Bupati Tangerang untuk mengeluarkan rekomendasi penindakan terhadap perusahaan yang memproduksi plafon di Kampung Kamal, Desa Gaga, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang tersebut.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Bupati Tangerang, Banten, didesak untuk segera menerbitkan surat rekomendasi penindakan terhadap PT Adi Jaya Makmur Sejahtera, perusahaan produksi plafon  di Desa Gaga, Kecamatan Pakuhaji yang telah terbukti melakukan pencemaran lingkungan dan tidak mengantongi perizinan.

Desakan itu disampaikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Badan Pengawas Penyalahgunaan Aset dan Anggaran Negara (BP2A2N) usai hearing dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang, kemarin. LSM BP2A2N mendesak tiga dinas terkait untuk segera menerbitkan rekomendasi teknis penindakan kepada Satpol PP Kabupaten Tangerang.

Surat tiga dinas sebagai dasar Bupati Tangerang untuk mengeluarkan rekomendasi penindakan terhadap perusahaan yang memproduksi plafon di Kampung Kamal, Desa Gaga, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang tersebut.

Direktur Eksekutif LSM BP2A2N, Ahmad Suhud mengatakan, dari hasil hearing atau dengar pendapat dengan anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang bersama DLHK, DPMPTSP, DBMSDA juga pihak perusahaan, diketahui PT Adi Jaya Makmur Sejahtera belum memiliki perizinan serta menyebabkan pencemaran lingkungan atau polusi udara.

“Satpol PP saat hearing dengan dewan menunggu surat rekomendasi teknis atau SP4B (Surat Perintah Penghentian Pelaksanaan/ Penggunaan Bangunan) dari tiga dinas agar mereka segera melakukan penindakan,” ungkap Ahmad Suhud, Rabu (29/12/2021).

Ahmad Suhud juga meminta kepada Pemkab dalam hal ini Bupati Tangerang agar tegas dan segera memerintahkan Satpol PP untuk melakukan penutupan terhadap PT Adi Jaya Makmur Sejahtera  sebagai bentuk penegakan Perda di Kabupaten Tangerang.

BACA JUGA: Tanpa Rekomendasi Bupati Tangerang, Satpol PP Tak Bisa Tindak Pabrik Plafon Pakuhaji

Sementara itu, Kabid Perizinan DPMPTSP Kabupaten Tangerang, Ana S mengatakan, tidak ada data pengajuan penerbitan perizinan atas nama PT Adi Jaya Makmur Sejahtera di DPMPTSP saat ini.

“Mungkin perizinan yang sampaikan oleh pihak perusahaan tadi, data yang ada di Kecamatan, pengakuannya tadi bahwa pengajuan penerbitan IMB itu ditolak,” ujar Ana S saat hearing dengan komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang, Senin (27/12/2021).

Dasar penolakan penerbitan IMB itu, kata Ana S, dilihat dari perizinan dasar, seperti izin prinsip atau izin lokasi, kemudian izin lingkungan. Setelah itu baru proses site plan kemudian proses penerbitan IMB.

Sedangkan Kabid Gakda Satpol PP Kabupaten Tangerang, TB Muhamad Waisulkurni mengaku siap melakukan penindakan terhadap aktivitas pabrik plafon tersebut jika sudah ada surat rekomendasi teknis dari beberapa dinas terkait. Tanpa surat rekomendasi teknis itu, Satpol PP Kabupaten Tangerang tidak bisa menindak.

“Pada intinya kami siap untuk melakukan penyegelan PT Adi Jaya Makmur Sejahtera, itu pun atas perintah bupati yang berwenang menerbitkan SP4B,” imbuh Waisulkurni.(Burhan/Difa)

No More Posts Available.

No more pages to load.