Bupati Lebak Tinjau Lokasi Bencana Untuk Pastikan Kebutuhan Warga Terpenuhi

oleh -
Bupati Lebak Tinjau Lokasi bencana lebak
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya tinjau lokasi bencana.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak Dede Jaelani meninjau lokasi pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor. Tujuannya untuk memastikan kondisi warga terdampak bencana di Kampung Cigobang, Desa Banjar Irigasi, Kecamatan Lebak Gedong, Banten Jum’at (14/02/2020).

Saat meninjau lokasi Hunian Sementara (Huntara) yang didiami warga Kampung Cigobang, Bupati menyampaikan kepada korban terdampak untuk terus menjaga kesehatan dan tetap waspada karena musim penghujan belum berakhir.

Sebelumnya warga Kampung Cigobang sendiri mengungsi ke Posko Dodiklatpur, namun sebagian akhirnya kembali ke kampung halaman dan membangun hunian sementara yang tidak jauh dari kampung halaman mereka.

“Pertama kami lebih betah dikampung halaman sendiri bu, kami juga khawatir akan harta benda kami, terus juga beberapa karena alasan biologis,” ungkap Asnen salah satu warga terdampak bencana yang tinggal di Huntara Kampung Cigobang ketika ditanya alasan meninggalkan posko pengungsian.

BACA JUGA:

Penanganan Bencana di Lebak Diharapkan Tidak Terbentur Oleh Administrasi

Atasi Bencana Alam, Pemkab Lebak Harus Tinjau Ulang Seluruh Tambang di Wilayahnya

Selain itu, Bupati mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan agar mendirikan posko kesehatan di Huntara Kampung Cigobang untuk memantau kesehatan para korban terdampak bencana. ” Yaudah ini gapapa kalau warga mau tinggal disini, tapi tolong kepada ibu hamil dan lansia untuk tetap tinggal di pengungsian sampai Hunian Tetap (Huntap) nya kami bangun untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,” papar Bupati.

Bupati juga mengintruksikan kepada Pemerintah Desa setempat untuk memastikan kebutuhan warga korban terdampak bencana terpenuhi mulai dari kebutuhan pangan, kebutuhan sekolah, pakaian dan lain sebagainya.” Kebutuhan warga terdampak bencana harus terpenuhi, baik secara logistik, pendidikan anak-anak, dan juga kesehatannya,” pungkasnya.(Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.