Bupati Kukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Tangerang

oleh -
bupati tangerang, TPAKD, keuangan daerah, tim percepatan, kabupaten tangerang, banten, A Zaki Iskandar,
Bupati Tangerang,, Banten, A Zaki Iskandar mengambil sumpah Tim PAKD Kabupaten Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Tangerang di Pendopo Bupati Tangerang Jalan Kisamaun Nomor 1 Kota Tangerang, Kamis (25/2/21).

Pengukuhan tersebut digelar secara virtual melalui Zoom Meeting dan secara simbolis pengukuhan diikuti 3 orang, diantaranya Sekda Kabupaten Tangerang selaku koordinator, Ketua 1 Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, serta Kepala BPKAD sebagai Anggota.

Bupati Tangerang menyampaikan pesan dan arahannya kepada TPAKD yang baru saja dikukuhkan. Menurut Zaki, terbentuknya TPAKD Kabupaten Tangerang bisa menjadi jawaban tepat dan dalam mendorong dan menyinergikan segala upaya program perluasan akses keuangan daerah bagi seluruh pemangku kepentingan.

“TPKAD diharapkan mampu mendorong pemulihan dan menggiatkan kembali kegiatan ekonomi produktif melalui upaya peningkatan pemberdayaan UMKM, pertanian, peternakan, perikanan, dan kegiatan lainnya di tengah pandemi Covid-19,” harap Zaki.

BACA JUGA: Giliran ASN, TNI dan Polri di Kabupaten Tangerang Divaksin COVID-19

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tangerang berpesan, agar TPAKD segera bekerja sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan. Zaki mengingatkan TPAKD untuk tidak terlalu banyak diam di tempat, namun turun langsung melihat kondisi para pelaku ekonomi yang benar-benar perlu dibantu.

Lanjutnya, junjung tinggi profesionalitas, integritas, iman dan takwa sehingga tidak mudah tergoda oleh tawaran yang menyesatkan agar tidak menjerumuskan diri sendiri dan berakibat merugikan semua pihak.

“Terapkan Inovasi dan aplikasi yang mudah dipahami, terkoordinasi dan terpadu sehingga para pelaku ekonomi bisa mendapatkan informasi yang menyeluruh, mudah dan tidak berbelit-belit,” imbuh Zaki.

Terakhir, Zaki berpesan TPAKD senantiasa mengingat dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat karena pada masa pandemi saat ini, TPAKD juga harus memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan.

Sementara itu, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1 DKI Banten, Dhani Gunawan Idat berharap TPAKD Kabupaten Tangerang bisa berkiprah dalam memajukan edukasi dan literasi kepada masyarakat mengenai transaksi keuangan.

Dhani juga menyebut, TPAKD juga bisa memajukan ekonomi daerah melalui akses keuangan dan pengembangan UMKM, juga bagaimana berkiprah dalam meningkatkan potensi ekonomi dan unggulan daerah yang dapat difasiitasi melalui akses keuangan.

“Kami ingin membantu Kabupaten Tangerang dalam akses keuangan sebagaimana dilakukan DKI Jakarta untuk bisa memajukan perekonomian di Kabupaten Tangerang, khususnya pengembangan UMKM melalui bisnis matching atau mempertemukan UMKM dengan para pelaku keuangan di daerah,” ungkapnya.

Menurut Dhani, dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, baru 198 yang telah membentuk TPAKD. Di Kabupaten Tangerang menjadi TPAKD ke 199 secara nasional. OJK, kata dia, mengapresiasi Pemkab Tangerang yang telah membentuk TPAKD.(DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.