Buka Objek Wisata Baru, Kades Cigondang Labuan Pandeglang Diminta Urus Izin

  • Whatsapp
wisata pandeglang
Alat berat meratakan kawasan Pantai Kalapa Handap, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Pandeglang, yang bakal dijadikan objek wisata baru.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Cigondang, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten, membuka destinasi wisata baru di kawasan Pantai Kalapa Handap. Pembukaan destinasi wisata itu untuk memberikan peluang usaha bagi warga, khususnya para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pantauan Redaksi24.com, kawasan Pantai Kalapa Handap yang bakal dijadikan destinasi wisata saat ini tengah dilakukan pengurugan. Salah satunya dengan proses pemadatan lokasi, dengan menggunakan pasir laut.

Bacaan Lainnya

Kepada Desa (Kades) Cigondang, Cepi mengatakan, mulanya lokasi tersebut tidak dimanfaatkan. Namun pihaknya punya inisiatif untuk menjadikan lokasi itu sebagai destinasi wisata, yang nantinya bisa dinikmati masyarakat sekitar maupun wisatawan lain.

“Kalau lahannya milik pribadi. Tapi saya sudah koordinasi dengan pemilik lahan, dan pemilik lahan itu menyetujui kalau lokasi itu dikelola untuk jadi objek wisata,” ungkapnya, Sabtu (1/8/2020).

BACA JUGA: Pemkab Pandeglang Dapat Sumbangan 46 Hewan Kurban dari Mendagri

Untuk menggarap lokasi tersebut menjadi destinasi wisata, lanjut Cepi, pihaknya mengajak kerjasama pengelola PLTU 2 Labuan, Pandeglang, Banten, untuk menggarap lahan tersebut.

“Saya koordinasi juga dengan pihak PLTU 2 Labuan, agar bisa membantu menggarap lahan ini. Alhamdulillah, alat berat untuk meratakan tanah sudah diturunkan,” katanya.

Rencananya, kata Kades, di lokasi itu juga akan disediakan sarana penunjang wisata yang bisa dinikmati para wisatawan. Tak hanya itu, di sekitaran lokasi akan dibangun tempat untuk jualan agar para pelaku UKM di Labuan bisa membuka usahanya di kawasan wisata ini.

“Kami juga akan bangun kios-kios kecil untuk para pedagang. Sehingga bisa membantu pelaku UKM dalam meningkatkan prekonomiannya,” ujarnya.

Sementara, Dinas Pariwisata (Dispar) Pandeglang mengingatkan Pemdes Cigondang untuk mengurus perizinannya sesuai aturan yang ada. Sehingga nantinya keberadaan objek wisata itu tidak ilegal.

“Bagus kalau ada yang membuka destinasi wisata baru. Tapi kami harap proses perizinannya ditempuh, supaya lebih nyaman dan legalitasnya jelas,” tutur Kepala Dispar Pandeglang, Asmani Raneyanti.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.