BPJS Ketenagakerjaan Kota Tangerang Gelar Safety Riding

  • Whatsapp
Safety Riding BPJS
Para Karyawan ikuti safety riding

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM– Sebanyak 420 tenaga kerja dari sejumlah perusahaan di Kota Tangerang mengikuti safety riding atau pelatihan keamanan dan keselamatan berkendara yang digelar oleh Kantor Cabang BPJS Ketenaga kerjaan Cikokol, Kota Tangerang, Banten.

Program promotif dan preventif itu digelar, dengan tujian menekan angka kecelakaan para pekerja di jalan raya pada saat berangkat dan pulang mengendarai sepeda motor. Pelatihan safety riding itu dilaksanakan pada Rabu dan Kamis (09-10/10/2019), di area safety riding, Jatiuwung, Kota Tangerang.

Bacaan Lainnya

“Pelatihan safety riding ini merupakan kegiatan lanjutan program promotif dan preventif. Sebelumnya kegiatan ini juga digelar dengan cara membagikan sebanyak 500 helm kepada pekerja, sebagai simbol pentingnya keselamatan berlalu lintas,” kata Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cikokol, Hasan Fahmi melalui rilis yang dikirim ke Redaksi24.com, Rabu (09/10/2019) petang.

Menurutnya, mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan tanggung jawab masing-masing perusahaan. Namun, BPJS Ketenagakerjaan sifatnya membantu agar K3 berjalan maksimal. Dan program itu, kata Fahmi, akan terus berlangsung dengan tema yang berbeda setiap tahunnya, sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada pekerja mulai dari berangkat, di tempat kerja, pulang kerja, hingga kembali ke rumah,” kata Fahmi sembari menambahkan, klaim
kecelakaan kerja di BPJS Ketenagakerjaan kota Tangerang, cukup tinggi, yaitu mencapai 11 persen terjadi di jalan raya.

Karenanya, kata Fahmi program promotif dan preventif ini dilakukan untuk mem erikan apresiasi BPJS Ketenagakerjaan kepada perusahaan-perusahaan platinum yang tertib administrasi, seperti Perusahaan Daftar Sebagian (PDS) tenaga kerja, PDS upah dan PDS Program.

“Saya harap dengan adanya kegiatan ini angka kecelakaan pada pekerja di jalan raya menurun,” katanya.

BACA JUGA:

Di Banten, Kepesertaan Dosen di BPJS Ketenagakerjaan Minim

AP3D Bangun Kesadaran Perlindungan Kerja Lewat Seminar

Instruktur Safery Riding dari salah satu main dealer di kawasa Jatiuwung Tangerang mengatakan, setiap pengendara wajib mengetahui tata cara mengendarai sepeda motor yang baik dan aman. “Kami ingin menepis paradigma yang ada, bahwa sepeda motor sebagai mesin pembunuh. Itu tidak sepbihnya benar,’ kata dia enggam disebut namanya.

Karena, kata dia, penyebab kecelakaan lalu lintas, adalah faktor kelalaian manusia, kendaraan, dan faktor lingkungan. Ketiga faktor itu saling keterkaitan. Namun dominan kecelakaan karena human eror atau faktor manusia. ” Dalam kegiatan ini peserta mendapat pengetahuan tentang cara berkendara yang baik dan benar di jalan raya,” katanya. (Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.