BIPIH Boleh Diambil Kembali, Begini Caranya

  • Whatsapp
Jemaah Haji Indonesia-istimewa.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Jamaah haji asal kabupaten Tangerang yang batal berangkat tahun ini diperbolehkan menarik kembali Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH) yang telah dibayarkan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Dedi Mahfudin, pada Kamis (4/6/2020).

Bacaan Lainnya

Dedi menjelaskan, penarikan BPIH bisa dilakukan dengan membuat surat permohonan pengembalian setoran lunas Bipih dengan membawa bukti asli setoran Bipih, Fotokopi Buku Tabungan, Fotokopi e-KTP, ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Selanjutnya, sambung Dedi, petugas kemenag akan melakukan verifikasi dan validasi dokumen untuk kemudian akan menyampaikan pengajuan pengembalian setoran ke Ditjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU).

“Kemudian oleh Ditjen PHU akan divalidasi kembali setelah itu baru diajukan kembali ke BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji),” jelas Dedi

Dedi melanjutkan, nantinya setelah diverifikasi ulang oleh BPKH, petugas akan menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM) yang ditujukan kepada Bank Penerima Setoran (BPS) tempat para jamaah menyetorkan biaya hajinya.

“Setelah prosedur ini selesai baru uang akan dikembalikan kepada jamaah melalui rekening. Kalau Proses mengurusnya paling lama satu minggu,” kata Dedi

Meski demikian, sampai saat ini Kemenag Kabupaten Tangerang belum menerima laporan adanya jamaah yang ingin membatalkan ibadah hajinya setelah pemerintah pusat menangguhkan perjalanan haji 2020 beberapa waktu lalu.

“Tapi sampai sekarang saya belum terima laporan ada jamaah yang mau menarik kembali Bipihnya,” pungkas Dedi

Sementara itu, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Tangerang, Anas Suwandi mengatakan, sampai saat ini belum ada jamaah asal Kabupaten Tangerang yang ingin menarik kembali biaya perjalanannya.

Kendati begitu, pihak Kemenag Kabupaten Tangerang telah menerima surat tekhnis penarikan BPIH dari pusat BPKH alih-alih jika ada jamaah yang ingin membatalkan ibadah hajinya.

“Tapi sepertinya belum ada yah tapi untuk prosedurnya kami sudah terima,” tukasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.