BNPB Bahas Huntap Bagi Korban Tsunami Pandeglang

  • Whatsapp
Kepala BNPB RI, Doni Monardo membahas rencana pembangunan hunian tetap bagi korban tsunami Pandeglang.

REDAKSI24.COM – Pasca Gempa Bumi di Pandeglang, Banten, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, meninjau sekolah lokasi terdampak gempa dan lokasi Hunian Sementara (Huntara) di Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (03/08/2019.

Dalam lunjungan tersebut, Kepala BNPB RI, Doni Monardo membahas soal rencana pembangunan Rumah Hunian Tetap (Huntap) bagi warga terdampak bencana tsunami Selat Sunda di Kabupaten Pandeglang yang terjadi tahun lalu.

Bacaan Lainnya

Menurut Doni Monardo, rencana pembangunan Huntap bagi warga terdampak tsunami Selat Sunda yang saat ini tinggal di Huntara masih dalam proses. Sejauh ini, kata dia, proses pembebasan lahannya yang dilakukan Pemkab Pandeglang dan Pemprov Banten belum rampung.

“Jadi nunggu pembebasan selesai, baru akan diturunkan bantuan dana untuk Huntap. Di Pandeglang, ada sebanyak 709 KK (Kepala Keluarga,red) yang terdampak tsunami Selat Sunda yang akan diberikan bantuan Huntap. Saat ini masih menunggu proses pembebasan lahan,” ungkap Doni saat meninjau kawasan Huntara di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Menurutnya, bagi warga terdampak tsunami tahun lalu yang rumahnya rusak berat, akan diberikan bantuan dana untuk Huntap sebesar Rp50 juta, yang rumahnya rusak sedang dibantu sebesar Rp25 juta dan bagi warga yang rumahnya rusak ringan akan diberi bantuan sebesar Rp10 juta. Menurutnya, bantuan itu berupa dana stimulan.

“Namun bantuan yang akan disalurkan tidak berbentuk uang. Akan tetapi bentuk bahan matrial bangunan, karena hawatir kalau berbentuk uang tidak akan dibangunkan rumah seluruhnya,” katanya

Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Banten, Fery Hasanudin mengatakan, setelah pemerintah membangunan Huntara bagi warga korban tsunami Selat Sunda, akan membangunkan Rumah Huntap. Akan tetapi, proses pembebasannya belum selesai.

“Pemkab Pandeglang hanya menyediakan lahan, proses pembebasannya Pemprov Banten. Sekarang masih berproses, dan kami juga inginnya sesegera, supaya warga penghuni Huntara secepatnya memiliki rumah hunian tetap,” ujarnya.(Samsul/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.