BNN Banten Musnahkan 100 Kg Ganja Asal Aceh

  • Whatsapp
BNN Banten
Petugas BNN Banten memusnahkan 100 Kg ganja kering asal Aceh yang diselundupkan melalui jasa pengiriman barang di Pondok Aren, kota Tangsel.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten melakukan pemusnahan barang sitaan narkotika golongan 1 jenis ganja yang dihasilkan dari pengungkapan jaringan atau sindikat narkotika jenis ganja seberat sekitar 100 kilogram (Kg).

Sebanyak 100 paket narkotika jenis ganja dengan berat kurang lebih 100 Kilogram tersebut didapat dari Aceh yang hendak diedarkan di Banten melalui jasa pengiriman di kawasan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Paket ganja itu disamarkan dalam bentuk paket manisan pala.

Bacaan Lainnya

Kepala BNN Provinsi Banten, Tantan Sulistyana menungkapkan, pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat akan ada pengiriman barang berupa 6 paket ganja asal Aceh, pada hari selasa 28 Januari 2020 sekitar pukul 10.00 WIB di kantor sebuah jasa pengiriman di kawasan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

“Telah terjadi tindak pidana narkotika yang dilakukan FB (32) dan SY (32),” katanya kepada wartawan usai melakukan pemusnahan ganja sitaan tersebut di Kantor BNN Provinsi Banten, Kota Serang, Kamis (12/3/2020).

Petugas BNN Banten, sambung Tantan, kemudian berkoordinasi dengan jasa pengiriaman, sehingga ditanggkap FB (32) dan SY (32). Setelah itu, kata dia, dilakukan penggeledahan dan didapatkan 100 bungkus ganja dengan berat kurang lebih 100 kilogram.

“Dari pengakuan tersangka barang haram tersebut merupalan milik seorang warga binaan salah satu lapas di daerah Jawa Barat berinisial TI (36),” imbuhnya.

Tatan menyebut, kemudian petugas melakukan pengembangan ke salah satu Lapas di Jawa Barat. Dari hasil pengembangan selain TI juga diamankan 2 tersangka AN (29) dan AZ (37) yang memiliki peranan dalam mendatangkan ganja tersebut dari Aceh.

“Dengan adanya kejadian tersebut petugas BNN Banten membawa FB dan SY berikut barang bukti yang ditemukan ke Kantor BNNP Banten untuk melakukan proses selanjutnya. Sedangkan untuk TI, AN dan AZ dipindahkan ke Lapas Serang untuk mempermudah proses penyidikan,” jelasnya.

BACA JUGA:

. BNN Banten Bongkar Penyelundupan 50 Kg Ganja Berkedok Asam Jawa

Selundupkan 150 Kg Ganja, Dua Pengedar Dibekuk BNN Banten

. BNNP Banten Gagalkan Pengiriman Narkoba Asal Aceh

Tantan menjelaskan, untuk barang bukti yang diamankan yaitu 100 paket narkotika jenis ganja dengan berat kurang lebih 100 Kg. Sedangkan barang bukti lain, papar Tantan, yaitu 1 unit mobil Toyota Avanza warna Silver bernomor B 1376 MY.

Selain itu juga disita 1 buah kartu ATM Paspor BCA, 2 buah KTP, uang tunai sebesar Rp600.000, 1 lembar surat tanda terima titipan atau STT dari jasa pengiriman dan 6 unit HP beserta sim cardnya.

“Pasal yang dilanggar pasal 114 ayat 2 Jo pasal 111 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.