Bisa Tambah Beban Masyarakat, Wakil Ketua DPRD Banten Berharap BBM Subsidi Tak Ikut Naik

oleh -
Bisa Tambah Beban Masyarakat, Wakil Ketua DPRD Banten Berharap BBM Subsidi Tak Ikut Naik
Wakil Ketua DPRD Banten, M. Nawa Said Dimyati/Ist.

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten M. Nawa Said Dimyati buka suara terkait kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) umum atau non subsidi. Menurutnya kenaikan BBM jenis Pertamax tersebut jelas akan berimbas terhadap permintaan bahan bakar lainnya seperti Pertalite dan Solar sehingga harga kedua BBM bersubsidi tersebut bisa turut naik. 

“Saya khawatir harga BBM Subsidi kedepannya akan mengikuti kenaikan harga BBM non subsidi. Jika hal tersebut terjadi bisa memberikan beban yang berat untuk masyarakat di tengah ekonomi yang belum 100 persen pulih akibat pandemi Covid-19,” ujar pria yang akrab disapa Cak Nawa ini. Saat ini, kata Politisi Partai Demokrat ini banyak masyarakat yang awalnya menggunakan BBM non subsidi  berpindah ke BBM Subsidi seperti Solar dan Pertalite, bahkan di beberapa SPBU kerap terjadi kehabisan BBM Subsidi tersebut.

BACA JUGA: Keren, Warga Kabupaten Tangerang Ciptakan Mesin Pengolah Sampah Plastik Penghasil BBM

“Kita tentu ketahui sistem pasar seperti apa, tapi mudah-mudahan ini tidak terjadi pada BBM Subsidi. Karena saat ini sebagian masyarakat yang awalnya menggunakan BBM Pertamax dan Dexlite pindah ke Pertalite dan Solar,” kata Cak Nawa. 

BACA JUGA: Komisi VI DPR RI Minta Pertamina Kurangi Ketergantungan Impor

Dirinya juga mengatakan, seringnya kehabisan stok BBM subsidi di tengah naiknya harga BBM non subsidi bisa menimbulkan dampak sosial ditengah masyarakat. “Dampaknya yang paling kuat itu dampak sosial, ini yang kita khawatirkan sebetulnya, apalagi di tengah ekonomi yang belum 100 persen pulih,” ujarnya.

BACA JUGA: Minyak Goreng dan Kedelai Langka, DPRD Banten Minta Pemprov Bentuk Satgas Pangan

Disis lain, Wakil Rakyat dari Dapil Kabupaten Tangerang juga menyinggung kejadian beberapa tahun lalu pada saat era presiden SBY. “Kejadian itu mungkin dampak sosial hingga ada politisi yang menangis sampai akan menurunkan ribuan masa,” kata Cak Nawa sambil tertawa.

Cak Nawa juga menyampaikan, jika BBM Subsidi kedepannya akan naik maka harga-harga bahan pokok dan harga lainnya juga akan mengalami kenaikan. 

“Yang lebih dikhawatirkan lagi bahan pokok akan naik seiring dengan BBM naik, semoga saja itu tidak terjadi. Dan saya berharap masyarakat tenang,” tukasnya. (Hendra)