Bikin Bangga,  Ini 9 Alat Musik Tradisional di Indonesia Yang  Sudah Terkenal di Dunia

  • Whatsapp
Alat Musik Tradisional Indonesia

TANGERANG,REDAKSI24.COM–Memiliki banyak suku dan kebudayaannya masing-masing itulah negara Indonesia. Banyak suku yang punya kebudayaan dari berbagai ciri khas yang mereka miliki, mulai dari tarian, alat musik tradisional dan juga musik. Tapi apakah kamu tahu sobat? Ternyata alat musik tradisional Indonesia sudah mendunia lho. Penasaran apa saja alat musik tradisional Indonesia yang sudah dikenal mancanegara? Check this out!

1.Angklung

Bacaan Lainnya

Bikin Bangga,  Ini 9 Alat Musik Tradisional di Indonesia Yang  Sudah Terkenal di Dunia

Berasal dari Jawa Barat, Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Cara memainkan angklung ini kamu hanya perlu menggoyangkannya saja. Angklung ini berhasil memukau penonton di Perancis dan Amerika Serikat lho. Bahkan UNESCO mengakui angklung ini sebagai salah satu warisan Indonesia.

2.Sasando

Bikin Bangga,  Ini 9 Alat Musik Tradisional di Indonesia Yang  Sudah Terkenal di Dunia

Terbuat dari daun lontar, Sasando adalah alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan berasal dari Tanah Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik ini punya bentuk layaknya harpa. Sejak konser WOW 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia, disitulah alat musik tradisional Sasando mulai dikenal dunia.

3.Gamelan

Gemelan

Gamelan juga menjadi salah satu alat musik tradisional yang terkenal dan berasal dari tanah Jawa. Bahkan banyak musisi dunia yang menggemari Gamelan ini lho. Hebatnya lagi di beberapa sekolah yang ada di Amerika Serikat dan New Zealand mengajarkan memainkan Gamelan hingga masuk ke kurikulum mereka sob. Hebatnya!

4.Kolintang

Koliintang

Kolintang punya bentuk seperti gong, tetapi ukurannya lebih kecil dan disusun secara mendatar. Berasal dari Sulawesi Selatan, alat musik tradisional Indonesia ini memainkannya harus ada iringan gong dan juga drum. Bahkan negara-negara melayu tetangga sudah lama memainkan alat musik tradisional kita ini lho, seperti Malaysia dan Filipina.

5.Kendang

Kendang

Meskipun berasal dari Sunda, tetapi banyak juga yang menganggap kendang ini sebagai alat musik tradisional dari Jawa Timur. Tak hanya digunakan untuk mengiringi tarian tradisional saja, kini kendang juga dipakai dalam konser musik jazz dan kontemporer lho. Banyak juga para musisi Amerika Serikat yang melibatkan kendang sebagai alat musik pengiring.

6.Tifa

Tifa

Punya wujud seperti kendang, alat musik khas Maluku dan Papua ini bentuknya seperti tube. Seperti halnya kendang, cara memainkan tifa ini dipukul. Biasanya pada tifa juga terdapat sebuah ukiran-ukiran khas dari Papua dan juga Maluku. Tifa menjadi alat musik tradisional yang mendunia sejak ada turis yang berkunjung ke Papua dan Maluku serta membawa pulang sebagai oleh-oleh.

7.Saluang

Saluang

Alat musik tiup saluang ini berasal dari Sumatera Barat. Punya bentuk seperti seruling tetapi saluang merupakan alat musik tiup yang lebih sederhana karena lubangnya hanya ada 4 saja. Rumornya para pemain saluang ini punya mantra rahasia yang dapat menghipnotis para penontonnya lho.

8.Aramba

Aramba

Berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara, alat musik tradisional Indonesia Aramba juga terkenal di dunia. Aramba menjadi alat musik tradisional yang menghasilkan jenis bunyi Ideofon. Layaknya sebuah gong, memainkan aramba ini caranya dipukul menggunakan alat pukul tersendiri.

9.Gambus

Gambus

Berasal dari daerah Riau, Gambus juga menjadi alat musik tradisional Indonesia yang identik dengan adat Melayu. Untuk menghasilkan bunyi berjenis Kordofon pada alat musik tradisional ini caranya dengan di petik senar-senarnya.

Nah, itu dia sobat 9 alat musik tradisional Indonesia yang sudah dikenal mancanegara. Kita harus bangga menjadi orang Indonesia berkat suku dan budaya yang ada di negara ini. Tetap lestarikan budaya sendiri dan jangan budaya orang lain ya, sob! (Hendra)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.