Bidik Pemudik Gunakan Roda Dua, Polisi Lakukan Penyekatan di “Jalan Tikus”

oleh -
mudik, jalan tikus, roda dua, penyekatan, polisi, lebaran,
Pemudik dengan menggunakan kendaraan roda dua melintas di jalur alternatif. Foto Dokumen Antara

JAKARTA, REDAKSI24.COM – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memfokuskan penyekatan larangan mudik di “jalan tikus” sejumlah kawasan Jabodetabek. Targetnya untuk menghalau pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Tidak hanya kepada roda empat atau lebih, tetapi juga khususnya kepada pengendara, pemudik roda dua yang diduga juga nanti akan banyak juga yang melaksanakan mudik menggunakan sepeda motor,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa.

Ditlantas Polda Metro Jaya telah memetakan sebanyak 16 “jalan tikus” menjelang diberlakukan kebijakan larangan mudik.

Sambodo mengatakan jajarannya masih memetakan rute alternatif lainnya dan akan menyiapkan pos pengamanan di “jalan tikus” maupun jalan alternatif tersebut.

BACA JUGA: Dukung Kebijakan Pusat, Pemkab Tangerang Larang Mudik Lebaran 2021

“Nah itu nanti menjelang tanggal 6 Mei akan kami maping dan akan kami dirikan pos-pos pengamanan di titik titik itu, untuk melakukan pemeriksaan dan penyekatan,” katanya.

Sambodo memberi contoh beberapa “jalan tikus” atau jalan alternatif yang kerap digunakan oleh pemudik untuk menerobos larangan mudik.

“Misalnya, Pebayuran di Karawang, kemudian ada jembatan yang menuju ke arah Tanjung Pura Karawang, kemudian Cibarusa yang ke arah Cianjur, kemudian ruas-ruas jalur lain yg menuju ke arah dari Tangerang menuju ke Banten,” ujarnya.

Selain 16 titik di “jalan tikus” atau alternatif tersebut, Polda Metro Jaya telah menyiapkan delapan titik penyekatan utama selama pemberlakuan larangan mudik Lebaran 2021.

Jalan Tol ada 2 lokasi, Tol Arah Cikampek dan Tol Arah Merak.

Jalan Arteri Non Tol ada 3 lokasi, Harapan Indah Bekasi Kota, Jati Uwung Kota Tangerang,

Kedung Waringin Kabupaten Bekasi.

Sedangkan Terminal Bus ada 3 lokasi, Pulogebang, Kampung Rambutan dan Kalideres.(ANT/DIFA)