Bertemu dengan Wakil Ketua DPRD Banten, RC Badak Bercerita Tentang Suka Duka Mengantar Pasien Dengan Ambulans

oleh -
RC Badak, DPRD Banten, M. Nawa Said Dimyati, Rumah Singgah Amarylis,

SERANG,REDAKSI24.COM–Sejumlah pengurus yayasan Respon Cepat Komunitas Badan Darurat Kemanusiaan (RC Badak) berkesempatan bertemu langsung dengan Wakil Ketua DPRD Banten, M.Nawa Said Dimyati di kantor DPRD Banten, Selasa (27/4/2021). Dalam pertemuan tersebut mereka bercerita tentang suka duka menjalankan misi kemanusian yakni mengantar pasien di berbagai wilayah di Banten ke rumah sakit.   

Pembina RC Badak Asep Ruswiadi mengatakan keberadaan RC Badak ini yang telah berdiri hampir 4 tahun lalu namun baru diresmikan pada 6 Mei 2020 di ini berawal dari keprihatinan melihat minimnya kesadaran masyarakat terhadap lalu lalang ambulans saat membawa pasien. Saat setiap detik sangat berarti dalam menyelamatkan pasien sehingga bisa ditangani tenaga medis secepatnya, masih ada sebagian masyarakat yang tidak peduli dengan tidak memberikan jalan bagi ambulans untuk melintas mendahuluinya. Untuk itu selain menyediakan ambulans gratis mereka pun melakukan pengawalan dengan menggunakan motor agar pasien bisa cepat ditangani oleh dokter.

“Kebahagiaan kami adalah jika mendapat kabar bahwa pasien yang kami bawa selamat. kami akan sangat sedih jika mendengar pasien meninggal gara-gara terlambat ditangani akibat macet di jalan,” ujar Asep yang juga merupakan aktivis kanker di Rumah Singgah Amaryllis Kirana.  

Dalam menjalankan misinya, menurut Asep, RC Badak beruntung memiliki sejumlah relawan. Walau usianya masih muda namun mereka dengan tanpa pamrih rela mengantarkan pasien dengan ambulan dan sebagian diantaranya melakukan pengawalan dengan motor sehingga pasien bisa diantar secepatnya ke rumah sakit.

BACA JUGA: Enam Tips Ampuh Untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Puasa

Ketua Yayasan RC Badak, Muhammad Diki Nugraha walau di bentuk dan bermarkas di di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Sukaasih, Kota Tangerang, namun pelayanannya hingga seluruh wilayah Banten. Bahkan Diki mengaku dirinya juga tak jarang mendapat permohonan untuk mengantar hingga ke luar provinsi Banten.

Dengan semakin banyaknya permintaan dari masyarakat, Diki megaku kadang pihaknya kewalahan, terlebih saat ini RC Badak baru memiliki 1 ambulans yang merupakan bantuan dari salah satu perusahaan swasta

“Mudah-mudahan ke depan armada kami bisa bertambah dan idealnya kami juga memiliki mobil jenazah karena selama ini karena keterbatasan mobil ambulans yang kami miliki jadi multifungsi,” jelas pemuda kelahiran Bogor 28 Juli 1996  namu telah lama menetap di Tangerang ini. 

Diki menaku saat ini, RC Badak telah dihuni oleh 21 orang. Tak ada bayaran yang mereka terima. Menurut Diki mereka bergabung secara sukarela.

“Di jaman sekarang banyak anak muda yang pergaulannya bebas dan hanya nongkrong-nongkrong yang tidak jelas, daripada saya ngelakuin hal kaya gitu saya lebih tertarik melakukan hal ini,”ujarnya.

BACA JUGA: Tugu Pamulang Viral, Ini Kata pengamat Mulai dari Korsupgah KPK yang Dinilai Pencitraan Hingga PUPR Pemprov Banten Cari Alasan

Selain mengawal Ambulans, ada juga kegiatan kemanusiaan yang mereka lakukan. Seperti membantu proses pengobatan pasien kurang mampu. 

“Di bulan Ramadan ini juga kami bagi-bagi makanan untuk berbuka puasa untuk kami kirimkan ke berbagai tempat seperti masjid, panti dan tempat-tempat lain yang dianggap membutuhkan,” ujarnya.

BACA JUGA: Wakil Ketua DPRD Minta Gubernur Banten Batalkan Program Hibah Ponpes 

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Banten M. Nawa Said Dimyati mengaku sangat mengapresiasi  kegiatan sosial yang dilakukan oleh RC  Badak. Menurut Nawa, Provinsi Banten tentunya sangat membutuhkan mereka yang peduli dan mendukung pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah sosial termasuk dalam bidang kesehatan.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan RC Badak,’  ujar pria yang akrab disapa Cak Nawa ini.

Politisi partai Demokrat ini juga mengaku sebagai anggota legislatif di Banten dirinya siap membantu RC Badak dengan mengawal program yang diajukan ke Pemprov Banten.      

“Ajukan saja ke Pemprov Banten melalui aplikasi e-Hibah. Mudah-mudahan Pemprov Banten bisa mengakomodir kebutuhan RC Badak,’ pungkasnya. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.