Berkah dari Daur Ulang Handuk Bekas

oleh -
KREATIF : Pot bunga yang berasal dari limbah handuk bekas hasil kreasi warga RT 02 RW 10 kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang.

REDAKSI24.COM—RT 02 RW 10 ditunjuk sebagai kampung Tematik yaitu Kampung Lingkungan Elok Nyaman Tertata Serta Rapi (Lentera) di kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Penunjukan tersebut karena warga masyarakat di daerah tersebut memiliki kreativitas dan kepedulian terhadap lingkungan yang tinggi. Selain wilayahnya yang asri berkat tersedianya tanaman hias masyarakat juga sehat dengan adanya Tanaman Obat dan Keluarga (Toga) di setiap rumah.

Namun Hal yang lebih menarik dari Kampung Lentera ini adalah kemampuan masyarakatnya untuk  menjadikan limbah handuk bekas menjadi benda yang memiliki nilai ekonomis. Handuk bekas tersebut didaur ulang menjadi pot tanaman yang produknya laku di pasaran dengan kisaran harga antara Rp15 ribu hingga Rp75 ribu.

Terkait hal ini, Lurah Cipondoh Makmur, Boyke Urif H, mengapresiasi usaha dan antusias warganya dalam membentuk kampung tematik Lentera. Terlebih lanjut Boyke, berdasarkan informasi dari warga, Pot Lentera hasil kreasi dan inovasi warga, sudah beberapa kali dipesan oleh masyarakat, salah satunya sang Master Go Green Kampung Tematik asal Malang, Bambang Irianto “Glintung”.

“Kami sangat mengapesiasi kemauan warga di RT 02 RW 10. Karena selain bisa menjaga lingkungan juga bisa meningkatkan perekonomiannya dengan mendaur ulang handuk bekas,” ujar Boyke, Rabu (19/6/2019).

Bagi yang penasaran dengan cara pembuatan pot tanaman dari daur ulang handuk, Anda bisa datang langsung ke Kampung Lentera, di Kecamatan Cipondoh. (Ifk/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *