Begini Kriteria Penerima Bantuan 225 Ton Beras dan Uang Tunai dari Pemkot Serang

  • Whatsapp
beras bantuan kota serang
Wali Kota Serang, Syafrudin meninaju gudang beras di Kecamatan Kasemen, Selasa (7/7/2020).

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, saat ini telah menyediakan sebanyak 225 ton beras yang rencananya akan dibagikan kepada warga terdampak covid-19 di ibu kota Provinsi Banten.

Ada beberapa kriteria calon penerima yang akan mendapatkan beras tersebut. Mereka yang masuk daftar yaitu kelompok masyarakat rentan atau rawan pangan, buruh tani atau petani penggarap.

Bacaan Lainnya

Kemudian, petani penggarap tanah dengan luas kurang dari 1 hektar, memiliki KTP Kota Serang dan warga yang belum menerima bantuan sejenis, baik dari Pemkot Serang, Pemerintah Provinsi Banten maupun dari pemerintah pusat.

Wali Kota Serang, Syafrudin saat meninjau gudang beras, Selasa (7/7/2020) di Kecamatan Kasemen mengatakan, beras sebanyak itu hasil dari pembelian dari petani di Kecamatan Kasemen.

“Kami menyiapkan atau membeli beras kepada petani Kecamatan Kasemen sebanyak 225 ton melalui Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang. Dari 225 ton dengan pembelian Rp10.525  persatu kilogram dari pihak ketiga dengan total pembelian keseluruhan Rp2 miliar lebih,” katanya kepada wartawan.

BACA JUGA: SMA/SMK Prisma Kota Serang Tutup Setelah Capai Puncak Favorit Tahun 2000-an

Beras itu, sambung Syafrudin, nantinya akan disalurkan 2 kali kepada warga terdampak covid-19, yaitu pada bulan Agustus sampai Desember. Adapun dana yang digunakan, kata dia, berasal dari biaya tak tersangka (BTT) Kot Serang sebesar Rp101 miliar.

“Kemudian dari Distan Kota Serang Rp3,6 miliar, juga buat beras dan uang,” imbuhnya.

Syafrudin melanjutkan, selain pemberian beras, Pemkot Serang juga akan memberikan stimulus kepada para nelayan dengan nilai Rp500 ribu. Ada pun jumlah penerimanya, kata Syafrudin, sebanyak 1.527 orang.

“Distan sebagai leading sektor akan menyalurkan bantuan langsung ke rekening bank masing-masing penerima dan berbarengan dengan pemberian beras,” jelasnya.

BACA JUGA: Dampak Covid-19, Kota Serang Kekurangan Stok Beras

Sementara itu, Kepala Distan Kota Serang, Edinata mengungkapkan, pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap penyaluran beras dan uang stimulus tersebut. “Penerima bantuan ini berdasarkan SK (surat keputusan) walikota, jadi tidak asal dikasih. Juga bukan untuk warga Kasemen saja, tapi seluruh warga se-Kota Serang,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.