Begini Cara RSUD Aulia Pandeglang Layani Pasien Jelang New Normal

  • Whatsapp
RSUD Aulia pandeglang
Direktur Utama RSUD Aulia Pandeglang, Dr Furqon berkomunikasi dengan petugas pelayanan kesehatan dalam kesiapan menghadapi new normal.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Menghadapi New Normal dimasa pandemi covid-19, pengelola Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aulia Pandeglang, Banten, menerapkan cara khusus dalam melayani pasien. Tujuannya untuk mendeteksi dini penyakit yang dialami pasien.

Pelayanan kesehatan yang diterapkan RSUD Aulia Pandeglang diawali dengan pasien dikawal Satpam untuk diarahkan terlebih dahulu pada pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan juga harus menggunakan masker.

Bacaan Lainnya

Ketika ada pasien yang suhu tubuhnya di atas normal atau memgalami demam tinggi, akan dilayani di tempat khusus yang sudah disiapkan. Jika penyakit yang dialami cenderung kepada covid-19, pasien langsung dirujuk ke RSU Banten.

Direktur Utama RSUD Aulia Pandeglang, Dr Hartami saat ditemui usai memimpin apel pagi di halaman RSUD Aulia Pandeglang, Rabu (17/6/2020) mengatakan, sistem pelayanan yang diterapkannya tersebut, salah satu upaya preventif dalam mencegah penyebaran covid-19.

“Jika penyakit yang dialami pasien bukan mengarah pada covid-19, langsung diarahkan ke poli umum. Bagi pasien dengan keluhan badan panas, akan dilayani perawat khusus yang mengenakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap,” katanya.

Saat ditanya, bagaimana kesiapan APD dalam menghadapi New Normal, ia mengaku masih memadai. Namun begitu, kata dia, tergantung juga pada kondisi kasus covid-19 di Pandeglang.

“Kalau kasus covid-19 kemungkinan APD yang ada tidak mencukupi. Sebab untuk menangani satu pasien itu membutuhkan 5 sampai 6 APD lengkap untuk petugas,” ujarnya.

Saat ditanya lagi apakah di RSUD Aulia telah disediakan ruang kusus isolasi pasien covid-19, ia mengaku tidak ada ruang isolasi. Karena ketika ada pasien yang mengarah kepada gejala covid-19, penanganan lebih lanjutnya langsung dirujuk ke RSU Banten.

Sementara itu, Ketua TU RSUD Aulia Pandeglang, Saefullah mengaku, kesiapan kelengkapan APD dalam menghadapi New Normal cukup memadai, seperti APD bagi petugas yang hendak melayani pasien.

“Selain kesiapan APD, kami juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar tertib menjalankan protokol kesehatan dalam menghadapi New Normal,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.