Baznas Kabupaten Tangerang Launching Distribusi ZIS Tahun 2021/1442 H

oleh -
Baznas Kabupaten Tangerang, Wakil Bupati Tangerang, ZIS, Ramadan, Zakat, Shodaqoh,
Wakil Bupati Tangerang Mad Romli menyerahkan secara simbolis ZIS yang berhasil dikumpulkan Baznas Kabupaten Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM— Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang secara resmi melaunching distribusi Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) tahun 2021 M/ 1442 H, di Gedung Islamic Center (IC), Citra Raya, Kecamatan Panongan, Rabu (21/4/2021). Pendistribusian ZIS yang berlangsung secara simbolis ini dihadiri Wakil Bupati Tangerang Mad Romli serta Komisioner Baznas Kabupaten Tangerang lainnya, yakni Wakil Ketua Abdul Haris, Wakil Ketua Endi Romdoni dan Wakil Ketua Eni Suhaeni, Camat Panongan Rudi Lesmana dan perwakilan instansi atau lembaga lainnya.  

Ketua Baznas Kabupaten Tangerang Achmad Nawawi mengatakan untuk menghindari penumpukan massa terlebih di saat pandemi COVID-19, launching distribusi ZIS oleh Baznas Kabupaten Tangerang di Gedung IC ini dikhususkan untuk mustahik di Kecamatan Panongan dan beberapa kecamatan terdekat. Rencananya kata dia, Kamis ini, Baznas Kabupaten Tangerang akan membagi lima tim untuk melakukan distribusi ZIS di 29 kecamatan se-Kabupaten Tangerang.

“1 tim itu membawahi 6 kecamatan. Nanti dalam 1 minggu insyaAllah distribusi selesai. Tim ini akan pastikan distribusi zakat Ini langsung dan tepat sasaran,” ujarnya, usai acara simbolis distribusi ZIS.

BACA JUGA: 545 Korban COVID-19 Kabupaten Tangerang Dimakamkan di TPU Buniayu

Kata Nawawi, pada tahun ini ZIS yang didistribusikan merupakan hasil pengumpulan dari tahun 2020 M/ 1441 H yang bersumber dari  infaq SKPD/ dinas  Rp276.584.365, infaq  kecamatan se-Kabupaten Tangerang Rp13.686.000, zakat fitrah kecamatan Rp1.252 939 125, zakat fitrah dinas/ SKPD Rp416.395.335, zakat profesi dinas/SKPD Rp2.953.267.381, zakat maal perorangan Rp170.318.750. Sedangkan untuk total keseluruhan Rp.5.083.190.956. 

“Target kami di tahun ini perolehan mencapai Rp18 miliar. Baznas juga berupaya meningkatkan perolehan ZIS dengan mengadakan audiensi ke Dinas di lingkup Pemkab Tangerang, camat-camat, instansi vertikal, hingga 2 perusahaan di wilayah Balaraja. Kami berharap perolehan ZIS bisa optimal,” ungkapnya.

BACA JUGA: Baznas kabupaten Tangerang Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Rp35 Ribu Per Orang  

Ketua Panitia yang juga salah satu Komisioner Baznas Kabupaten Tangerang, Anwar Ardadili menambahkan, agenda pendistribusian program unggulan pada kegiatan Ramadan 2021 M/ 1442 H, yakni Program Baznas Kabupaten Sejahtera meliputi bantuan langsung tunai keluarga pra sejahtera di 29 kecamatan 1.300 orang, bantuan peningkatan kesejahteraan guru ngaji 460 orang, bantuan peningkatan kesejahteraan guru agama 460 orang, bantuan peningkatan kesejahteraan marbot masjid    305 orang. 

Lanjut Anwar, ada Program Baznas Tangerang Cerdas meliputi bantuan beasiswa tingkat SD/MI, SLTP/MTs, MA 960 orang, peningkatan sarana dan prasarana sekolah/ mebeler 42 unit. Program Baznas Tangerang Taqwa meliputi bantuan peningkatan sarana keagamaan masjid 76 unit. Program Baznas Tangerang Profesional untuk 29 k. Program Baznas Sejahtera (lanjutan). Program bantuan pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) 58 unit.

“Untuk pelaksanaan pendistribusian Baznas Kabupaten Tangerang tidak saja pada momentum Bulan Ramadan saja, tetapi akan  dilakukan di setiap momentum hari-hari besar nasional dan Hari Besar Islam. Termasuk kegiatan pada Hardiknas, HUT RI, HUT  Kabupaten Tangerang, Hari Santri Nasional, HAB Kemenag, serta membantu kegiatan hari besar instansi lainnya di setiap tahun,” imbuhnya.

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengatakan, sebagaimana Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Zakat, bahwa pengelolaan zakat bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dalam menunaikan zakat sesuai dengan tuntunan agama, meningkatkan fungsi dan peranan pranata keagamaan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan keadilan sosial, serta meningkatkan hasil guna dan daya guna zakat.  

“Dengan pengelolaan zakat yang baik, saya berharap akan berkontribusi dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan secara merata di kabupaten Tangerang yang tentunya sangat selaras dengan visi dan misi pemerintah kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Menurut Mad Romli, begitu banyak manfaat yang dapat dipetik dari pelaksanaan zakat, infak dan sodakoh yang ditunaikan. Manfaat tersebut tidak hanya untuk para penerima zakat (Mustahik), namun hakikatnya membawa manfaat yang besar untuk para Muzaki sendiri.

“Seiring dengan perkembangan zaman, pesatnya pertumbuhan penduduk, serta mobilitas yang semakin tinggi membuat pengelolaan zakat menjadi hal yang tidak mudah. Untuk itu saya ucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Baznas Kabupaten Tangerang yang telah bekerja keras, serta saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pula kepada para Muzaki yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk mustahik di Kabupaten Tangerang,” pungkasnya. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.