Bawaslu Banten Lakukan Koordinasi Kelembagaan Persiapan Pemilu 2024

oleh -
bawasluri, bawaslu, banten, kota, tangerang, persiapan, pemilu, pilkada, 2024
Bawaslu Provinsi Banten melakukan koordinasi kelembagaan dengan jajarannya di daerah. Foto: Roadshow Bawaslu Banten yang juga dalam rangka rangkaian HUT Bawaslu RI Ke-13 di Kantor Bawaslu Kota Tangerang/Dok-Bawaslu Kota Tng.

TANGERANG, REDAKSI24.COM–Bawaslu Provinsi Banten melakukan koordinasi secara kelembagaan dengan jajarannya di daerah untuk persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

“Mumpung ini Ramadhan, dan masih dalam rangkaian dari HUT Bawaslu RI Ke-13. Kita bersilaturahmi sekaligus koordinasi melakukan penguatan kelembagaan dengan teman-teman di daerah,” ujar Ketua Bawaslu Banten, Didih M Sudi, di Tangerang, Rabu (21/4/2021).

Menurut Didih, kegiatan roadswow akan dilakukan di delapan wilayah se-Banten, diawali dengan kunjungan ke Bawaslu Kota Tangerang pada Selasa kemarin.

Kata Didih, dalam kunjungan daerah itu, selain Pimpinan Bawaslu Banten, Kepala Sekretariat, juga membawa serta staf.

“Agar keluarga besar Bawaslu Banten bisa saling bersilaturahmi dan lebih saling kenal, dan memudahkan koordinasi ke depannya,” imbuhnya.

Didih melanjutkan, dalam kegiatan itu disamping membahas perkembangan persiapan Pemilu dan Pilkada 2024, juga melakukan kajian, dan evaluasi serta penyebaran informasi ke publik terkait Pilkada dan Pemilu tersebut.

Terkait pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pilkada 2024, sambung Didih, masih menunggu regulasi.

“Kita tunggu regulasinya. Yang jelas pematangan persiapan pelaksanaanya kita perkuat. Diharapkan saat tahapan mulai, jajaran di daerah sudah siap dan bisa maksimal,” kata Didih.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Tangerang M Agus Muslim mengatakan, kunjungan Bawaslu Banten memberikan arahan untuk melakukan penguatan persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024.

Lantaran, lanjut Agus, baru pertama kali Pemilu dan Pilkada dilaksanakan secara bersamaan di tahun yang sama.  Dengan volume pelaksanaan yang besar, tentu itu membutuhkan persiapan maksimal.

“Kita harus maksimalkan persiapan dari segala aspek. Pemilu 2024 adalah Pemilu besar, ya kita juga harus persiapannya skala besar juga,” ujar Agus.

Agus mengungkapkan, salah satu upaya persiapan dimaksud adalah, Bawaslu Kota Tangerang tengah berbenah untuk pindah kantor ke tempat yang lebih besar,agar kapasitasnya juga menjadi besar bisa menampung kegiatan lembaganya dalam melaksanakan Pemilu dan Pilkada 2024 nanti.

“Alhamdulillah kita difasilitasi Pemerintah Kota Tangerang. Kita dapat tempat untuk kantor lebih luas dan besar, dengan status sementara pinjam pakai,” ucapnya.

Untuk diketahui, upaya menarik pelaksanaan Pilkada Serentak ke tahun sebelum 2024 melalui Revisi UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu gagal, setelah pemerintah dan DPR RI sepakat menarik pembahasan Revisi UU Pemilu itu dari Prolegnas Prioritas 2021 pada pekan awal Maret lalu.

Sehingga pelaksanaan Pilkada Serentak tetap menggunakan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Dan rencana Pemilu bakal dilaksanakan secara kolosal di tahun 2024 dengan total anggaran diperkirakan mencapai Rp112 triliun, untuk Pileg dan Pilpres rencananya pada bulan April, sementara Pilkada Serentak pada November 2024.

Hal ini tentu menjadi beban tersendiri bagi penyelenggara baik KPU, Bawaslu, maupun DKPP. Sehingga membutuhkan persiapan secara maksimal dan matang.

Seperti yang dilakukan Bawaslu Provinsi Banten, meski pelaksanaan Pemilu dan Pilkada itu sekitar 3 tahun lagi, tetapi sudah mulai melakukan langkah-langkah persiapan secara matang.(ejp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.