Basarnas Banten Dirikan Posko Siaga di Kawasan Wisata Pantai

oleh -
basarnas banten wisata pantai kawasan posko siaga kecelakaan laut
petugas basarnas menyosialisasikan keselamatan kepada pengunjung pantai di kawasan Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

KABUPATEN SERANG, REDAKSI24.COM – Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Provinsi Banten mendirikan posko siaga di kawasan wisata pantai. Posko ditujukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan laut.

“Kami mendirikan posko siaga untuk melindungi wisatawan,” kata pimpinan Humas Basarnas Banten, Sito Warsito di kawasan Wisata Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu (15/5/2021).

Selain itu, petugas juga melakukan imbauan-imbauan kepada pengunjung agar tidak berenang melintasi batas garis warna kuning yang sebelumnya dipasang petugas. Ia menjelaskan garis batas kuning merupakan tanda bahaya terdampak gelombang tinggi.

“Kehadiran posko untuk memberikan rasa aman dan nyaman wisatawan yang berkunjung,” imbuhnya.

BACA JUGA: Gubernur Banten Perintahkan Bupati dan Wali Kota Tutup Tempat Wisata

Selain itu, katanya, pengunjung yang berenang di pantai setempat harus menggunakan pelampung.

“Kami tidak henti-hentinya melalui pengeras suara melakukan imbauan pengunjung wisata agar tetap waspada jika berenang di sekitar pantai,” katanya.

Dia mengatakan saat ini wisatawan di kawasan Pantai Anyer padat dan ramai, namun kebanyakan wisatawan lokal dari wilayah Pprovinsi Banten.

Mereka terdiri atas rombongan keluarga dan pasangan muda mudi yang memanfaatkan liburan Lebaran 2021.

Sejauh ini, kata dia, belum ada laporan kecelakaan laut yang menimpa para wisatawan di kawasan Pantai Anyer.

Petugas penyelamatan di posko  dilengkapi peralatan pakaian pelampung, rescue car, palsar komunikasi, dan palsar medis.

“Kami bergerak cepat melakukan pencarian dan pertolongan jika terjadi kecelakaan laut menimpa wisatawan,” katanya.(ANT/DIFA)