Baru Tiga Warga Luar Jabodetabek Ajukan SIM ke Kabupaten Tangerang

  • Whatsapp
surat izin masuk
Petugas memeriksa surat izin masuk pengendara luar Jabodetabek di salah satu pos cek poin Kabupaten Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Sejak diberlakukan pada 1 Juni 2020,  hingga Minggu (7/6/2020) hari ini, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang, baru menerbitkan tiga Surat Izin Masuk (SIM) bagi warga luar Jabodetabek yang hendak memasuki Kabupaten Tangerang.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno mengatakan, tiga SIM yang sudah diterbitkan itu diberikan kepada dua warga Bandung, Jawa Barat dan satu orang asal Pontianak, Kalimantan Barat.

Bacaan Lainnya

Menurut Nono, ketiga SIM yang sudah diterbitkan itu adalah Surat Izin Masuk Wilayah Kabupaten Tangerang Perjalanan Sekali. “Semuanya untuk perjalanan sekali kalau yang untuk pekerja atau perjalanan berulang itu belum ada,” kata Nono kepada Redaksi24.com.

Nono melanjutkan, masih sedikitnya SIM yang diterbitkan DPMPTSP ini dikarenakan jumlah pemohonnya yang juga masih sedikit. Meski demikian, ia bisa memastikan tidak akan ada warga dari luar Jabodetabek yang coba menyusup ke Kabupaten Tangerang tanpa mengantongi SIM.

“Karena semua kan tergantung jumlah pemohonnya, tapi kalau yang menyusup tanpa SIM saya rasa tidak ada karena ada pemeriksaan oleh petugas ceck poin,” ujarnya.

Terkait pembuatan SIM, Nono menambahkan, jika prosesnya tidaklah memakan waktu lama. Jika seluruh persyaratan sudah dipenuhi pemohon, tidak lebih dari satu jam surat izin masuk bisa langsung diterbitkan dan dicetak pemohon setelah sebelumnya divalidasi dahulu oleh sistem.

Nono juga menjamin surat izin masuk ini tidak dapat dipalsukan karena terdapat tanda tangan elektronik atau barcode pada SIM tersebut.  “Prosesnya sehari jadi kalau semua persyaratannya bisa dipenuhi salah satunya surat keterangan sehat dari puskesmas,” tuandkasnya.(Ricky/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.