Bappeda Umumkan Kecamatan Terbaik Penyelanggara Musrembang 2022: Mauk Pertama, Sepatan Kedua dan Balaraja Ketiga

oleh -
Bappeda, Kabupaten Tangerang, Mauk, Sepatan, Balaraja, Musrembang,

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Bappeda Kabupaten Tangerang mengumumkan kecamatan terbaik dalam Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2022 Tingkat Kecamatan Kabupaten Tangerang, Rabu (24/3/2021). Hasilnya Kecamatan Mauk meraih posisi  pertama disusul Sepatan dan Balaraja di posisi kedua dan ketiga.

Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang, Taufik Emil menjelaskan, pemilihan kecamatan yang terbaik dalam penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan tersebut dinilai dari tiga kriteria yaitu kelengkapan input usulan kegiatan ke dalam aplikasi SIMRAL, tahapan dan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan, dan kriteria ketiga yaitu partisipasi masyarakat dalam Musrenbang Kecamatan. 

Menurut Emil bagi penyelenggara Musrenbang kecamatan terbaik  masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa tambahan pagu anggaran tahun 2022. Penyerahan hadiah sendiri secara simbolis langsung diberikan oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

“Untuk sebagai kecamatan terbaik pertama Kecamatan Mauk mendapatkan tambahan pagu anggaran sebesar  Rp.1 miliar, Kecamatan Sepatan mendapat tambahan pagu anggaran sebesar Rp750 juta dan Kecamatan Balaraja  mendapat tambahan pagu sebesar Rp.500 juta,” jelas Emil.

Camat Mauk Arif Rahman Hakim mengaku dirinya tidak menyangka kecamatan yang dipimpinnya bisa terpilihnya sebagai yang terbaik dengan hasil pelaksanaan Musrenbang kecamatan tersebut. Namun begitu menurut Arif, dirinya bersama  seluruh stakeholder di Kecamatan Mauk terus mencoba menyelaraskan rencana pembangunan di kecamatan dengan apa yang disusun Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Kita hanya menyelaraskan apa yang menjadi acuan kerja Pemerintah Kabupaten Tangerang, sehingga apa yang menjadi kebutuhan RPJMD Pemerintah kita selaraskan hingga detail ke tingkat Desa,” terang Arif.

BACA JUGA: Timbulkan Kemacetan, Camat Sepatan Ingatkan Pedagang di Pasar Tumpah Pindah Ke Pasar Pelangi

Arif mengakui bahwa tambahan anggaran akan dimaksimalkan untuk kegiatan yang menjadi tujuan kabupaten Tangerang yaitu peningkatan mutu sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi.

“Kita optimis di masa mendatang Pandemi sudah teratasi dan kita langsung on-fire dalam membangun wilayah, pemberdayaan ekonomi kepemudaan dengan melakukan pendampingan dalam berwirausaha menjadi tonggak dalam kita membangun ekonomi pasca Pandemi,” terangnya.

Sementara itu Camat Sepatan Dadang Sudrajat mengaku sangat senang wilayahnya kembali menjadi tiga besar kecamatan terbaik penyelanggara Musrembang se-Kabupaten Tangerang setelah di tahun sebelumnya Kecamatan Sepatan berhasil meraih posisi pertama. 

Untuk itu menurut Dadang mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tangerang beserta jajaranya atas apresiasi kepada Kecamatan Sepatan yang sudah ditetapkan sebagai yang terbaik kedua dalam Musrenbang Kecamatan tahun anggaran 2022.

“Saya juga ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat beserta seluruh stakeholder termasuk Kapolsek dan Danramil Sepatan yang selalu mendukung program-program pembangunan di Kecamatan Sepatan,” ujar Dadang.

Menurut Dadang, penghargaan yang didapat ini menjadi motivasi untuk terus melakukan yang terbaik dengan harapan di awal tahun tertib perencanaan juga dapat merealisasikan hasil pelaksanaanya.

“Yang terpennting adalah hasil dari Musrebang ini bisa  dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat,” pungkasnya. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.