Banyak Rumah Ditinggal Mudik, Lurah Tigaraksa Minta RT/RW Tingkatkan Siskamling

oleh -
RAPAT KOORDINASI : Lurah Tigaraksa Galih (tengah) bersama musyawarah pimpinan kelurahan di Tigaraksa menggelar rapat koordinasi keamanan dan ketertiban jelang Idul Fitri 1440 H. Foto : Istimewa.

KAB.TANGERANG,R24—Hampir disetiap Idul Fitri, masyarakat Kabupaten termasuk di Kelurahan Tigaraksa yang mayoritas merupakan warga pendatang mudik ke kampung asalnya. Mulai dari Perumahan Sudirman Indah, Triraksa Village I, Triraksa Vilage II pada Idul Fitri 1440 Hijriyah pastinya akan ditinggal mudik lebaran.

Menyadari hal tersebut, Lurah Tigaraksa, Kabupaten Tangerang Galih Prakosa menghimbau kepada Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga dan masyarakat yang masih berada di lingkungan agar tetap menjaga lingkungan dari tindakan kriminal, maupun meminimalisir kebakaran rumah kosong yang ditinggalkan mudik.

“Kami harapkan baik RT/RW dan lembaga masyarakat agar tetap waspada di lingkungan agar tak terjadi hal-hal diinginkan,” ungkap Galih.

Menurut Galih, kewaspadaan dari setiap individu masyarakat sangat penting untuk terus ditingkatkan. Sebab, lanjut Galih hal tersebut dapat mencegah berbagai upaya kriminalitas yang mungkin terjadi menjelang ataupun sesudah Hari Raya Idul Fitri.

“Jadi setiap warga juga harus waspada dengan orang yang tidak mereka kenali yang sedang berkeliling di lingkungan. Misalnya ada yang berkeliling membawa proposal sumbangan tanpa disertai cap dan tanda tangan persetujuan dari pihak RT, RW, maupun Kelurahan, mereka harus diwaspadai,” terangnya.

Selain itu Galih juga meminta kepada warga Kelurahan Tigaraksa yang hendak melaksanakan mudik, agar segera melaporkan diri kepada pejabat lingkungan yang berwenang. Dengan begitu, kata Galih dapat mempermudah kinerja pihaknya dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan Kelurahan Tigaraksa khususnya selama bulan Ramadan hingga lebaran.

“Bagi warga yang ingin mudik segera melapor ke RT dan RW, agar dapat tahu rumah mana saja yang kosong karena ditinggal penghuninya. Sehingga, suasana lingkungan Kelurahan Tigaraksa yang kondusif dapat terus terjaga,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu juga Galih meminta warga pendatang untuk mengurus administrasi kependudukan. Karena masih banyak masyarakat urban yang belum mengurus data kependudukan.
“Masih banyak masyarakat pendatang belum melaporkan administrasi kependudukan, baik masyarakat dikontrakan maupun pendatang perumahan,” ujar Galih.

Anggota Linmas Kelurahan Tigaraksa, Aceng Supriatna menambahkan siap melaksanakan perintah Lurah agar siap siaga di lingkungan sehingga menjadi aman dan lebih tentram.

“Kita di masyarakat masih berjaga, mulai dari pos ronda hingga koordinasi di group WhatsApp melaporkan,” papar Aceng.

Selain berjaga ronda Kelurahan Tigaraksa pun penyuapkan Tim Saber Lintas, yang selalu menjaga kebersihan lingkungan di wilayah Kelurahan Tigaraksa yang selalu berupaya menciptakan lingkungan bersih dan nyaman.

“Di siang hari pun, Tim Saber Lintas berkeliling di wilayah kelurahan membersihkan mulai dari sampah hingga semak-semak dipinggir jalan,” tutur Aceng yang juga petugas Tim Saber Lintas.(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *