Banyak Desa di Pandeglang Belum Salurkan BLT Tahap II dan III

  • Whatsapp
dana desa
Ilustrasi - Dana desa.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 dari Dana Desa (DD) tahap II dan III di Pandeglang, Banten, belum rampung secara keseluruhan. Masih ada beberapa desa yang belum menyalurkannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan mengakui, sejauh ini masih ada beberapa desa yang belum realisasi BLT DD tahap II dan III yang jumlahnya sebesar Rp600 ribu.

Bacaan Lainnya

Padahal, kata Doni, harusnya penyaluran BLT DD tersebut sudah rampung semua, karena sudah harus membahas pada tahapan BLT selanjutnya yang nominalnya sebesar Rp300 per bulan.

“Harusnya sudah selesai semua mulai dari tahap I, II dan III. Sejauh ini untuk BLT tahap II baru 99 persen dan BLT tahap III baru 80 persen,” ungkap Doni saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/8/2020).

BACA JUGA: Penambak di Pandeglang Diminta Manfaatkan Bantuan Rp50 Miliar

Lanjut Doni, pada tahap II ada satu desa yang belum menyalurkan BLT DD, yaitu Desa Padasuka, Kecamatan Cibitung. Adapun jumlah desa yang belum menyalurkan BLT DD tahap III ada sebanyak sekitar 40 sampai 50 desa.

“Kalau anggarannya sudah disalurkan ke masing-masing rekening desa, tinggal penyerapannya saja. Tapi ada beberapa desa yang belum menyetorkan SPJ-nya kepada kami,” katanya.

Menurutnya, untuk BLT DD tahap selanjutnya yang berjumlah sebesar Rp300 akan diajukan lagi setelah BLT DD tahap I hingga III itu selesai semua. Tapi hal itu juga bagaimana dari hasil Musyawarah Desa (Musdes) apakah akan dilanjutkan lagi atau tidak.

“Karena ada beberapa desa pada program BLT DD yang nominalnya Rp600 ribu itu, target penerimanya ada yang melebihi target yang sudah direncanakan. Karena maksimalnya jumlah KPM itu maksimalnya sebanyak 150-180, tapi ada beberapa desa yang jumlah KPM BLT DD lebih dari 200 KPM,” ujarnya.

Sementara, seorang operator Desa Cikayas, Kecamatan Angsana, Pandeglang, Ajat mengakui adanya keterlambatan penyerapan dana BLT DD tahap III. Hal itu karena pihaknya lambat menyampaikan laporan. Tapi sekarang pihaknya tengah memproses penyerapan dana BLT DD tahap III tersebut.

“Karena penyampaian laporan saja kami terlambat. Tapi sekarang sedang proses pengajuan, adapun jumlah penerima BLT DD di desa kami ada sebanyak 132 orang,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.