Banyak Anggota Dewan Absen, Paripurna RPJMD Banten Sepi

  • Whatsapp
Banyak anggota dewan yang absen pada Rapat Paripurna Raperda RPJMD Banten, Kamis (1/8/2019)

REDAKSI24.COM – Mendekati masa akhir jabatan, tingkat kehadiran anggota DPRD Provinsi Banten semakin menurun. Buktinya, banyak anggota dewan yang bolos saat Rapat Paripurna pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang RPJMD 2017-2022, di Gedung DPRD Provinsi Banten, Kota Serang, Kamis (1/8/2019).

Rapat paripurna juga molor sampai 90 menit lamanya lantaran jumlah anggota dewan yang hadir belum mencapai kuorum. Kursi-kursi anggota dewan banyak yang kosong, tidak kunjung terisi.  Padahal agendanya cukup penting.

Bacaan Lainnya

Rapat paripurna yang dijadwalkan pukul 10.00 WIB, baru dimulai pukul 11.30 WIB. Itupun setelah dianggap kuorum, meski hanya 57 dari total 85 anggota dewan yang hadir. Rapat dibuka Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Muflihah, serta dihadiri Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumi.

Rapat paripurna persetujuan Raperda RPJMD 2017-2022 tersebut akhirnya disahkan dengan beberapa catatan, terutama terkait pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Agrobisnis.

Juru bicara Panitia Khusus (Pansus) RPJMD, Anita, dalam catatannya mengatakan, keberadaan BUMD harus mampu dirasakan masyarakat, terutama bagi para petani. Mengingat, sasaran utama dari BUMD merupakan para petani yang banyak tersebar hampir di seluruh wilayah Banten.

“Gubernur Banten harus segera mempersiapkan SDM yang handal. Disertai dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan mempunyai integritas yang tinggi dalam mengelola BUMD,” kata politikus PDI P itu.

Menanggapi itu, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, akan berupaya memperbaiki apa yang menjadi koreksi Pansus. Rekoemdnasi Pansus, kata dia, menjadi masukan yang substansif bagi Pemprov Banten untuk memperbaiki kinerjanya, khususnya terkait agrobisnis.

“Kami ingin memajukan pertanian di Banten agar bisa mensejahterakan para petani,” ungkapnya. (Luthfi/Difa)

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.