Bantuan DTH Korban Banjir Bandang Lebak Mulai Dicairkan

  • Whatsapp
Bpbd lebak
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Aziz Suhendi menyalurkan DTH pada korban banjir Lebak secara simbolis.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak bersama dengan unsur Muspika Kecamatan dan Desa menyalurkan Dana Tunggu Hunian (DTH) untuk para penerima yang telah menjadi korban dalam bencana banjir bandang di wilayah Kabupaten Lebak pada  awal tahun 2020 lalu.

Penyaluran DTH dilakukan BPBD Lebak secara simbolis kepada 10 penerima yang berada di Desa Cilangkap, Kecamatan Maja, Desa Candi, Desa Cilayang Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak  Banten pada Selasa (8/9/2020).

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Aziz Suhendi mengatakan, terdapat 647 Kepala Keluarga (KK) yang nantinya akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini. Kata Azis, penerima akan mendapatkan bantuan sebanyak Rp500 ribu selama 6 bulan, sehingga jika dijumlahkan, per KK akan menerima bantuan DTH sebesaf Rp.3 juta.

DTH sendiri diberikan sebagai dana bantuan kepada warga terdampak bencana banjir bandang yang rumahnya hancur akibat bencana tersebut. Dana bantuan tersebut ditunjukan agar para korban terdampak bisa menyewa tempat tinggal sementara, selagi menunggu dana bantuan stimulan untuk membangun kembali rumah mereka yang telah hancur akibat bencana yang menerjang 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak tersebut.

BACA JUGA: Pemkab Lebak Kembali Janji DTH Korban Banjir Bandang Cair Bulan Ini

“Hari ini kita serahkan bantuan DTH secara simbolis di Kecamatan Maja, dan Curugbitung. Bantuan DTH disalurkan melalui rekening pribadi masing-masing penerima,” kata Ajis.

Dikatakannya, saat ini pihak bank tengah melakukan proses pemindahbukuan bantuan DTH ke rekening masing-masing penerima. Proses tersebut ditargetkan akan dapat selesai bulan September ini, sehingga para korban terdampak bencana dapat segera mendapatkan bantuan yang telah dijanjikan Pemerintah ini. 

“Insya Allah semua proses dapat selesai pada bulan ini,” kata Ajis.

BACA JUGA: Anggaran DTH Korban Bencana Lebak Yang Digulirkan BNPB Sebesar Rp1,941 M Belum Tersalurkan

Ia menyampaikan, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya berharap, bantuan DTH ini dapat membantu meringankan beban warga terdampak bencana khususnya di tengah pandemi Covid-19, yang mana kondisi perekonomian saat ini tengah merosot jauh. 

“Pesan dari Ibu Bupati , semoga bantuan DTH ini bisa ikut membantu meringankan, terlebih di situasi pandemi sekarang ini,” pungkasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.