Banten Zona Kuning Covid-19, KBM SD dan SMP di Kota Serang Masih Akan Gunakan Daring dan Luring

  • Whatsapp
kegiatan belajar mengajar kota serang
Ilustrasi - Kegiatan belajar secara luring dilakukan di rumah.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk tahun ajaran 2020-2021 untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Serang, Banten, yang dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang, rencananya akan dilakukan secara online atau daring.

Pola daring itu akan tetap diterapkan mengingat Provinsi Banten saat ini masih masuk katagori zona kuning kasus penyebaran Covid-19,  Sementara ada beberapa kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan secara offline atau luring.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Serang, Syafrudin mengatakan, pola KBM ditengah masa transisi new normal di Kota Serang mengikuti aturan pusat. Karena, kata dia, sampai saat ini juga belum ada perkembangan aturan. Ia mengaku akan membahas bersama gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Serang.

“Sementara ini mengikuti online saja dulu, karena (Banten) masih kuning (Covid-19) jadi belum ada yang zona hijau,” katanya kepada wartawan di Kota Serang, Kamis (9/7/2020).

BACA JUGA: Asyik, Hajatan Sudah Diperbolehkan Lagi di Kota Serang

Terpisah, Kepala Bidang SMP Dindikbud Kota Serang, Sarnata mengungkapkan, KBM dengan pola online tersebut akan memperhatikan perkembangan status covid-19 di Kota Serang.

“Kami memperhatikan surat keputusan bersama dengan kementerian, selama status daerah itu masih belum hijau, belum bisa dilakukan pembelajaran secara tatap muka. Jadi pembelajaran tetap menggunakan sistem daring,” ungkapnya.

Metode daring atau dalam jaringan, sambung Sarnata, diterapkan pada sekolah yang sudah memiliki aplikasi pembelajaran. Kalau yang belum punya, kata dia, bisa menggunakan sitem offline atau luring alias di luar jaringan.

“Kalau daring bisa menggunakan aplikasi di play store. Itu juga tidak semuanya menggunakan, melihat siswa yang memiliki smartphone atau tidak,” imbuhnya.

BACA JUGA: Parkir di Pusat Pemerintahan Kota Serang Kini Tak Lagi Gratis

Sementara sistem luring atau luar jejaring, menurut Sarnata, siswa nantinya akan diberikan buku paket untuk belajar di rumah. Sistem Luring, menurut Sarnata, diterapkan bagi murid atau siswa yang tidak memiliki telpon android.

“Kalau sistem tatap muka belum bisa ditentukan selama status (Covid-19) belum hijau,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.