Banten Tetapkan 15 Titik Pembatasan Transportasi Arus Mudik

  • Whatsapp
pembatasan transportasi
Personel gabungan di Banten bersiap mengawal kebijakan larangan mudik selama pandemi covid-19.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pemprov Banten sudah memetakan 15 titik yang berpotensi akan dijadikan sebagai jalur transportasi pada musim mudik lebaran 2020. Pembatasan itu dilakukan untuk mempersempit jalur pemudik yang akan masuk ke wilayah Banten guna mencegah penyebaran Covid-19 di Provinsi Banten.

Sebagaimana Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 tertanggal 23 April 2020, Pemprov Banten bersama stake holder terkait seperti TNI, Polri dan Dinas Perhubungan (Dishub) kemudian melakukan pemetaan.

Bacaan Lainnya

Untuk di wilayah Kabupaten Tangerang, titik-titik yang akan dilakukan pemantauan adalah gerbang Tol Cikupa, Gerbang Citra Raya, Pasar Kemis, Kronjo, Tigaraksa, Jayanti/Cisoka, Solear/Cisoka.

Untuk di Kabupaten Serang pembatasan dilakukan di Simpang Asem Cikande dan Pelabuhan BBJ Bojonegara. Sedangkan untuk di Kota Serang hanya di Simpang Pusri. Untuk di Kabupaten Pandeglang pembatasan dilakukan di Gayam. Di Kabupaten Lebak di Cipanas dan Cilograng, dan untuk di Kota Cilegon pembatasan dilakukan di Gerem, Gerbang Tol Merak dan Gerbang Pelabuhan Merak.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengatakan, tingkat arus mudik yang masuk ke Banten pada tahun sebelumnya sangat tinggi. Belum lagi Banten menjadi gerbang utama para pemudik yang akan melakukan perjalanan ke sejumlah wilayah di Sumatra.

Untuk itulah, pada musim Pandemi ini semuanya dilakukan pembatasan demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Titik-titik yang berpotensi akan dilalui para pemudik, menurut dia, dilakukan pengetatan.

“Seluruh stake holder terkait akan bekerjasama mengatur agar semua ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat,” ujarnya, Jumat (24/4/2020).

BACA JUGA:

. Gubernur Pindahkan Kas ke BJB, Nasabah Bank Banten Ramai-Ramai Tarik Dana

. Pemkot Serang Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar Larangan Mudik

. Polda Banten Lakukan Penyekatan 15 Titik Jalur Mudik

WH melanjutkan, ada beberapa kendaraan yang tetap diperbolehkan melewati titik-titik yang lakukan pembatasan, seperti kendaraan pimpinan tinggi, kendaraan dinas, TNI, Polri, petugas tol, ambulan, pemadam kebakaran dan kendaraan pengangkut BBM dan sembako.

“Pelarangan juga dilakukan terhadap wilayah yang masuk dalam zona merah yang sudah menerapkan PSBB. Kendaraan yang berasal dari luar daerah tersebut dilakukan pembatasan. Wilayah ini rentan terhadap penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dari luar dilarang masuk ke zona sini,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten Tri Nurtopo mengatakan, secara teknis di 15 titik itu akan kita dirikan posko untuk melakukan cek point, yang akan dimulai dari sekarang sampai 31 Mei 2020.

“Untuk itu kami bersama stake holder terkait sudah mulai melakukan penyuluhan, himbauan serta giat penjagaan dan pengaturan arus untuk putar balik arah. Penjagaan dilakukan 24 jam,” jelasnya. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.