Banten Terima 14.560 Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac

oleh -
Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy bersama Wakil Kapolda Banten, Brigjen Ery Nursatri meninjau gudang vaksin Covid-19.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sudah menerima sebanyak 14.560 dosis vakin Covid-19 Sinovac tahap pertama. Ribuan dosis vaksin corona itu nantinya akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan petugas keamanan TNI/Polri.

“Kami sudah mengecek kondisi vaksin, penempatan vaksin dan jumlah yang dikirimkan ke Banten. Nantinya akan diberikan kepada tenaga medis dan aparat lapangan,” kata Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy usai melakukan pengecekan vaksin Covid-19 di gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Banten, Kota Serang, Senin (4/1/2021).

Ia mengatakan, dari seluruh vaksin tahap pertama ini akan difokuskan untuk para tenaga medis di delapan Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten. “Kalau totalnya itu untuk Pemprov Banten sekitar 81.000 vaksin, tetapi pada tahap pertama baru ada 14.560,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, sesuai intruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), untuk pendistribusian vaksin harus dipercepat. Karena itu, pihaknya akan membagikannya ke seluruh Kabupaten/Kota pada Senin (11/1) nanti.

“Pak Jokowi menginginkan tanggal 14 Januari vaksin pertama, jadi rencananya Senin dikirim kabupaten/kota,” ungkapnya.

BACA JUGA: Tenaga Kesehatan, TNI, Polri, Satpol PP dan ASN Jadi Prioritas Penerima Vaksin Covid-19

Kemudian, ia menambahkan untuk saat ini dari jumlah 41.000 tenaga kesehatan yang sudah mendaftarkan diri untuk divaksin sudah mencapai hampir 90 persen. Tapi, dari jumalah tersebut, ada 4.000 yang tidak memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi.

“Tidak ada yang menolak, bahkan datanya sudah masuk hampir 90 persen atau sekitar 40.000 di sistem data base kami dari 41.000. Mereka mendaftarkan diri,” katanya.

Wakil Kapolda Banten, Brigjen Ery Nursatri menambahkan, pihaknya akan melakukan pengawalan dan pendampingan secara ketat bersama TNI/Polri selama vaksinasi dilakukan. “Kami akan jaga ketat karena ini adalah hal terpenting yang harus kami jaga sampai nanti pendistribusiannya,” katanya.

Ia menuturkan pihaknya juga sudah membentuk tim khusus untuk pengamanaya yang terdiri dari satuan Korps Brimob Polda Banten, Intelijen dan satuan TNI agar setiap pendistribusan vakainasi dapat berjalan aman dan nyaman.

“Ya, kami ada dari intelijen dan TNI lengkap semuanya,” tegasnya.(ANT/DIFA)