Banjir Surut, Warga Patia Pandeglang Jalani Pemeriksaan Kesehatan

  • Whatsapp
pasca banjir, pemeriksaan kesehatan, puskesmas patia, pandeglang,
Warga Desa Idaman, Kecamatan Patia, Pandeglang mendapat pemeriksaan pasca banjir yang melanda kawasan tersebut.

KABUPATEN PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Warga korban bencana banjir di Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Banten, mendapat pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan dari tim medis Puskesmas Patia.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya dalam mencegah serangan penyakit yang ditimbulkan akibat dampak bencana banjir yang melanda kawasan tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Puskesmas Kecamatan Patia, Aisri Rejeki mengungkapkan, pasca bencana banjir rentan timbul penyakit yang bisa saja menyerang warga korban banjir. Untuk mengantisipasi serangan penyakit dampak banjir, pihaknya menurunkan tenaga kesehatan ke kawasan yang dilanda banjir untuk memeriksa kesehatan warga dan memberikan obat-obatan.

“Kami keliling ke lokasi-lokasi yang terkena dampak banjir untuk memberikan obat-obatan dan memeriksa kesehatan warga. Karena khawatir pasca banjir warga terserang penyakit,” ungkap Aisri, Minggu (6/12/2020).

BACA JUGA: Banjir di Patia Pandeglang Meluas, Warga Butuh Perahu Karet dan Obat-obatan

Menurutnya, biasanya penyakit pasca banjir yang menyerang warga itu adalah gatal-gatal pada kulit, diare dan gastritis. Jika tidak segera diantisipasi, dikhawatirkan warga terserang penyakit, karena potensi timbulnya penyakit pasca banjir cukup besar.

Diakuinya, selain pelayanan kesehatan keliling yang dilakukan di kawasan terdampak banjir. Pihaknya juga menyiagakan petugas di setiap Poskesdes untuk memberikan pelayanan kepada warga terdampak banjir selama 24 jam.

“Pasca bencana banjir warga berpotensi terserang penyakit. Kami suaga 24 jam di setiap Poskesdes di desa-desa yang terkena banjir. Jika ditemukan ada warga yang mengalami penyakit parah, kami evakuasi ke Puskesmas,” ujarnya.

Kepala Desa (Kades) Idaman, Kecamatan Patia, Ilman mengaku berterimakasih kepada Puskesmas Patia yang sudah sigap melakukan penanganan terhadap warganya yang terdampak banjir.

Sebelumnya ia mengaku khawatir banjir menimbulkan penyakit bagi warganya. “Banjir mulai surut. Kami ucapkan banyak terimakasih kepada tim medis Puskesmas Patia yang sudah sigap menangani warga terdampak banjir,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.