Banjir di Patia Pandeglang Meluas, Warga Butuh Perahu Karet dan Obat-obatan

  • Whatsapp
banjir, obat-obatan, kecamatan patia, perahu karet, BPBD Pandeglang,
Anak-anak di Kecamatan PAtia, Pandeglang, Banten, menyelamatkan diri dari banjir menggunakan ban.

KABUPATEN PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Bencana banjir yang melanda Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Banten kian meluas. Ketinggian air terus meningkat. Warga korban banjir membutuhkan perahu karet dan obat-obatan.

Kepala Desa (Kades) Idaman, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Ilman menuturkan, banjir yang melanda desanya terjadi sejak malam tadi. Hingga sekarang ini belum surut. Bahkan kata dia, kondisi banjir meluas dan ketinggian airnya semakin naik.

Bacaan Lainnya

“Sekarang sudah ada sebanyak 270 rumah warga yang terendam, kondisi air sudah mencapai 50 sampai 70 centimeter. Ratusan hektar sawah dan beberapa akses lalulintas terputus,” ungkap Ilman, Jumat (4/12/2020).

Diakuinya, sekarang ini pihaknya sangat membutuhkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang hendak mengungsi dari rumahnya. Selain itu, diperlukan juga obat-obatan untuk mengantisipasi serangan penyakit terhadap warga akibat dampak banjir tersebut.

“Sejauh ini belum ada bantuan. Kami butuh sekitar 6 unit perahu karet, obat-obatan dan bantuan lainnya. Sebab kondisi banjir masih terus berlangsung bahkan kian meluas,” katanya.

BACA JUGA: Ratusan Rumah Warga Pandeglang Terendam Banjir

Terpisah, Camat Patia, Kabupaten Pandeglang, Cecep Rohman memgakui sebanyak 6 desa di kecamatannya terendam banjir. Diantaranya Desa Idaman, Cimoyan, Ciawi, Surianeun, Rahayu, Patia dan Babakankeusik. Banjir yang lebih parah terjadi di Desa Idaman.

“Dari sebanyak 6 desa ada 1300 rumah warga yang terkena dampak banjir. Sekarang ini kami juga mau cek dan pendataan lagi ke lapangan,” ujarnya.

Saat ditanya apakah dari Pemkab Pandeglang sudah ada yang meninjau, Camat mengaku, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baru akan terjun ke lokasi. Pihaknya sudah melaporkan bencana banjir tersebut pada Kamis (3/12/2020) malam.

“Hari ini informasinya petugas BPBD akan turun membantu warga yang terkena dampak banjir. Mudah-mudahan banjir segera surut, warga bisa kembali beraktivitas secara normal,” harapnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.