Banjir Bandang Terjang 4 Kecamatan di Lebak

  • Whatsapp
Banjir Bandang di lebak
Banjir Bandang Landa Lebak.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Mengawali tahun baru 2020, daerah Kabupaten Lebak kembali diterjang bencana alam banjir bandang yang menerjang 4 Kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Kaprawi mengatakan, intensitas curah hujan yang cukup tinggi di malam pergantian tahun telah menyebabkan aliran Sungai Ciberang meluap. Akibatnya 4 Kecamatan di Lebak terendam banjir. Ke 4 Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Cipanas, Sajira, Lebak Gedong, dan Curugbitung.

Bacaan Lainnya

” Benar, laporan sementara ada 4 Kecamatan yang terendam banjir,” kata Kaprawi ketika dihubungi melalui telepon seluler, pada Rabu (1/1/2019).

Ia menuturkan, pihaknya telah menerjunkan regu penyelamat ke lokasi yang menjadi titik bencana tersebut, untuk memberikan bantuan keselamatan kepada para warga yang terdampak bencana.

Dikatakannya, berdasarkan informasi yang diperoleh beberapa kampung yang terisolir itu karena jembatan penghubung terputus di terjang bencana. Namun, dirinya belum dapat merinci data pasti.

” Kita saat ini masih melakukan pendataan jumlah rumah yang terendam, jembatan yang terputus, dan kampung yang terisolir,” tuturnya.

BACA JUGA:

Banjir Bandang Terjang 2 Kecamatan di Lebak

Atasi Bencana Alam, Pemkab Lebak Harus Tinjau Ulang Seluruh Tambang di Wilayahnya

Sementara itu, warga Kampung Nyarengseng, Desa Bintangsari, Kecamatan Cipanas, Asep Awalludin mengatakan, saat ini akses menuju kampung Nyarengseng terputus karena jembatan yang menghubungkan kampung itu ke beberapa kampung lainnya terputus.

Lebih jauh, ia menjelaskan, banjir bandang terjadi disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi mengguyur Lebak sejak malam pergantian tahun baru. Akibatnya, terdapat beberapa rumah warga yang terendam banjir.

” Banyak rumah warga yang terendam, dan peralatan rumah warga yang terbawa oleh banjir tersebut,” tandasnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.