Banjir Bandang Hanyutkan Lima Rumah Warga di Garut

  • Whatsapp
Bupati garut
Bupati Garut Rudy Gunawan (kiri) saat meninjau daerah terdampak banjir bandang di Kecamatan Pameungpeuk- (Ant)

GARUT, REDAKSI24.COM- Banjir bandang yang melanda Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Senin (12/10/2020) menyebabkan lima rumah warga dan fasilitas lainnya di daerah itu terbawa air bah

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, tapi di Pameungpeuk lima rumah hanyut  dan tiga jembatan gantung rusak,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan usai meninjau daerah terdampak banjir bandang di Kecamatan Pameungpeuk, Garut.

Bacaan Lainnya

Ia menuturkan, jajarannya sudah diterjunkan untuk membantu warga yang terdampak banjir bandang, sekaligus melakukan pendataan jumlah rumah yang rusak dan besaran kerugian materi akibat bencana tersebut.

Ia menyebutkan, ada enam kecamatan yang dilanda bencana alam, seperti Kecamatan Pameungpeuk, Cibalong dan Cikelet, kemudian bencana longsor terjadi di Kecamatan Cisompet, Peundeuy, dan Pamulihan.

BACA JUGA: Banjir Bandang di Cianjur Rendam Ratusan Rumah di Empat Kecamatan

Selain itu lanjut dia, berdasarkan laporan Camat Pameungpeuk, kurang lebih lima ribu orang terdampak banjir yang membutuhkan bantuan untuk disiapkan tempat pengungsian dan logistik.

“Itu baru di Pameungpeuk, belum daerah lainnya Cibalong dan Cikelet, karena masih didata,” kata Bupati.

Ia menyampaikan, Pemkab Garut akan menyiapkan segala kebutuhan warga yang mengungsi mulai dari tempat pengungsian yang nyaman dan aman di tengah pandemi yakni bangunan sekolah, bahkan akan disiapkan tenda pengungsian.

Selain itu, lanjut dia, Pemkab Garut juga akan membuat dapur umum di tiga kecamatan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama tinggal di pengungsian.

Sementara itu, bantuan untuk korban banjir di selatan Garut mulai berdatangan, salah satunya dari DPC PDI Perjuangan Garut yang menyiapkan 1 ton beras untuk kebutuhan dapur umum di daerah terdampak bencana banjir.

BACA JUGA: Pemkab Lebak Kembali Janji DTH Korban Banjir Bandang Cair Bulan Ini

Bantuan beras itu diserahkan langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Garut Yudha Puja Turnawan kepada Bupati Garut Rudy Gunawan untuk meringankan beban pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam di selatan Garut.

“Kami menyumbang 1 ton beras untuk dapur umum di posko-posko pengungsian,” kata Yudha yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Garut. (Feri Purnama/Ant/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.